Jakarta (ANTARA) - Penutupan sejumlah ruas jalan di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, membuat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berjalan kaki untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

"Oh iya dari Sriwijaya Hotel. Aku ini tukang jalan kaki, naik gunung, jadi biasa aja," kata Khofifah kepada wartawan usai pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Ia mengaku tidak masalah berjalan dan berlari termasuk masalah pernafasannya. "Insya Allah aman. Aku ini tukang jalan," tegas mantan Menteri Sosial itu.

Ia menyebutkan mobil yang ditumpanginya tidak dapat masuk ke Istana Kepresidenan Jakarta karena ditutup dengan kawat berduri.

Petugas keamanan memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mengamankan sidang Mahkamah Konstitusi dengan agenda gugatan sengketa hasil Pemilu 2019.

Rekayasa lalu lintas itu termasuk dengan menutup sejumlah ruas jalan di sekitar Gedung MK dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Sementara mengenai materi yang dibahas dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Khofifah mengatakan, ia melaporkan sejumlah Rancangan Perpres terkait Jawa Timur yang sudah dibahas di Kemenko Perekonomian.

"Kami melaporkan ada dua Rancangan Perpres yang memang sudah dibahas di Menko Perekonomian, kami ingin mendapatkan pengarahan dari Presiden setelah dibahas di Menko Perekonomian," katanya.

Rancangan Perpres itu antara lain tentang Gerbang Kertasusila yang berisi pengembangan wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan.

"Kita membutuhkan konektivitas dari sisi transportasi. Di Jakarta sudah ada tiga ring sekarang mau bangun empat ring dan ada MRT," katanya.

Ia menyebutkan di kawasan Gerbang Kertasusila belum ada ring untuk menghubungkan kawasan kawasan penting itu.

"Kita bisa bayangkan dalam waktu singkat kawasan ini akan menjadi megapolitan, dalam radius 100 km bagaimana padatnya transportasi umum yang menyebabkan biaya mahal termasuk barang dan jasa," katanya.

Karena itu menurut dia, perlu penguatan dengan menghubungkan kawasan Gerbang Kertasusila termasuk pelabuhan lautnya di Tanjung Perak, Lamongan dan di Probolinggo.

Baca juga: Khofifah sebut TSM dalam sengketa Pilkada Jatim 2008 berdasarkan angka

Baca juga: Dubes Inggris Moazzam Malik berpamitan di Surabaya

Baca juga: Gubernur Jatim kembangkan budi daya tanam padi ratun
Pewarta:
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019