Aplikasi keuangan: deskripsi dan fungsinya untuk bisnis

Aplikasi keuangan: deskripsi dan fungsinya untuk bisnis

Ilustrasi aplikasi keuangan (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk mengelola keuangan sebuah bisnis, apalagi jika bisnis Anda baru saja dimulai, perlu trik dan pengelolaan keuangan yang baik agar kondisi keuangan usaha tetap stabil. Karena usaha yang sukses berawal dari keuangan yang baik.

Dalam mengelola keuangan baik itu pribadi atau bisnis, salah satu kunci utamanya adalah cermat mencatat jumlah uang masuk dan pengeluaran. Catatan ini bisa membantu Anda mengelola pengeluaran jika Anda merasa telah melewati batas pengeluaran keuangan.

Dengan semakin canggihnya teknologi informasi dan komputer, saat ini Anda tidak perlu repot lagi mencatat keuangan melalui laptop atau buku catatan keuangan. Sekarang Anda dapat membuat catatan keuangan bahkan hanya melalui smartphone saja, caranya cukup dengan menginstal aplikasi keuangan, semua pengelolaan keuangan bisa dilakukan dalam handphone.

Apa itu Aplikasi Keuangan Bisnis ?

Aplikasi keuangan adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mengatur keuangan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari keperluan pribadi, instansi hingga bisnis berskala kecil sampai besar.

Disebut juga perangkat lunak atau aplikasi pembukuan, aplikasi keuangan di program untuk memproses pencatatan atau pembukuan transaksi keuangan UMKM atau perusahaan secara teratur, otomatis, lebih cepat, akurat, aman, dan real time. Pembukuan biasanya mencakup modal, kewajiban, keuntungan, aset, dan pengeluaran lainnya.

Menggunakan aplikasi pembukuan yang memiliki fitur pelaporan yang lengkap, akurat dan mudah digunakan akan sangat membantu pemilik usaha dalam mengambil keputusan bisnis yang menguntungkan secara real time.

Perbedaan pembukuan Excel VS Fitur Aplikasi Keuangan

Biasanya penggunaan aplikasi excel tidak khusus untuk pembukuan saja, sehingga diperlukan rumus-rumus tertentu untuk dapat melakukan perhitungan pembukuan, sedangkan aplikasi keuangan sudah memiliki fitur software pembukuan khusus sehingga proses pembukuan perusahaan dan bisnis dapat dilakukan secara otomatis, cepat, akurat dan nyata dan tepat waktu.

Manfaat Aplikasi Keuangan Untuk Bisnis Anda

Memiliki bisnis di zaman modern tidak hanya soal mempromosikan produk atau layanan bisnis saja, tetapi juga mengelola keuangan bisnis. Untuk itu kini telah hadir inovasi baru dibidang keuangan yaitu aplikasi keuangan. Menjadi solusi untuk mengelola keuangan dalam bisnis Anda sehingga laporan keuangan menjadi lebih cepat, tepat dan mudah.

Berbeda halnya dengan pembukuan cara manual yang membutuhkan banyak waktu, tenaga dan ketelitian serta staf keuangan yang harus menghitungnya secara manual. Namun saat ini semua kendala tersebut bisa diatasi dengan aplikasi keuangan.

Dengan aplikasi keuangan yang merupakan inovasi dari perkembangan teknologi saat ini, maka mampu mempermudah pengelolaan keuangan pada bisnis yang dijalankan.

Sehingga dengan semakin banyaknya transaksi keuangan dalam bisnis, dengan memakai aplikasi keuangan dalam proses perhitungannya maka akan lebih cepat, teliti dan akurat laporan keuangan yang dibuat.

Tidak hanya perusahaan atau bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan dari aplikasi keuangan ini, pelanggan juga akan lebih transparan untuk mengetahui transaksi yang mereka lakukan terkait dengan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda.

Hadirnya inovasi baru dibidang keuangan yaitu berupa aplikasi keuangan akan membantu usaha atau bisnis Anda berjalan lebih teratur, sehingga Anda bisa lebih fokus mengembangkan promosi bisnis. Lalu apa saja manfaat aplikasi keuangan saat ini untuk bisnis ?, berikut ini adalah ulasannya:

#1. Menjaga Aset Bisnis Anda

Manfaat aplikasi keuangan lainnya adalah bisa membantu menjaga aset perusahaan. Hampir semua transaksi bisnis dapat dicatat dalam aplikasi keuangan. Semua informasi mengenai aset perusahaan bisa langsung diakses oleh pemilih usaha dengan mudah hanya dalam aplikasi yang sudah terintegrasi.

#2. Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Meskipun usaha atau bisnis kecil, dengan memakai aplikasi keuangan, maka secara langsung akan memberikan kemudahan bagi pengelolaan keuangan bisnis. Melalui pengelolaan keuangan seperti ini, Anda sebagai pemilik bisnis juga dapat menentukan berapa keuntungan dan pengeluaran yang dihasilkan perusahaan Anda.

#3. Menghindari Kesalahan Perhitungan

Mungkin bisa Anda bayangkan, jika bisnis Anda masih menggunakan cara pengelolaan keuangan secara manual, sedangkan transaksi Anda sangat banyak, kemungkinan terjadi kesalahan perhitungan. Dengan aplikasi keuangan, Anda dapat membuat laporan bisnis lebih akurat, dan risiko kesalahan seperti ini dapat diminimalkan.

#4. Dapat menghemat waktu

Aplikasi keuangan sangat praktis, sehingga laporan keuangan Anda bisa dikerjakan dengan lebih cepat. Bayangkan saja jika dilakukan secara manual, maka pembuatan laporan keuangan ini akan memakan waktu dan perhitungan yang cukup lama.

Dalam aplikasi keuangan untuk bisnis, Anda hanya perlu menginput data, maka akan muncul hasilnya. Ini juga akan lebih menghemat waktu Anda, saat membuat laporan keuangan. Hasil laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi keuangan juga akan lebih akurat.

Khusus bagi Anda yang baru saja memulai bisnis, tentunya Anda kan diuntungkan dengan aplikasi keuangan ini, karena semua pengelolaan keuangan cukup dilakukan melalui aplikasi mudah dan cepat, bisa dilakukan di manapun kapanpun hanya dengan sentuhan jari.

Sehingga Anda bisa lebih fokus untuk mengebangkan bisnis Anda.

Fungsi Aplikasi Keuangan Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa fungsi Aplikasi keuangan bagi perusahaan yaitu :

1. Buat Laporan Keuangan Cepat dan mudah

Menjadi solusi yang tepat untuk mengelola keuangan bisnis Anda, aplikasi keuangan juga bisa membantu Anda membuat laporan secara cepat dan mudah. Tidak perlu memakan waktu lama untuk menyajikan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan dapat diakses secara real time kapan saja dan di mana saja.

2. Mampu Mengontrol Inventaris Perusahaan Antar Cabang

Anda dapat dengan mudah mengontrol inventaris bisnis Anda secara real time seperti mengelola semua proses bisnis dari satu tempat, mulai dari penjualan & faktur, pembelian, inventaris, semuanya instan dan otomatis bisa diakses kapanpun di manapun.

3. Kontrol Hutang dan Piutang Bisnis

Setiap saat Anda bisa memeriksa dan mengelola hutang dan piutang perusahaan serta dapat dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Selain itu dapat memudahkan Anda dalam mengambil keputusan secara cermat dan efisien. Sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan optimal dan cepat berkembang.

4. Mudah dalam membuat Faktur Keuangan

Dengan memakai aplikasi keuangan, Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat faktur perusahaan, hanya dengan satu klik pada fitur aplikasi dan secara hitungan detik Anda sudah dapat membuat dan mengelola faktur kapanpun dan di manapun.

Aplikasi Keuangan Jurnal by Mekari Simpel dan Akurat Untuk Bisnis Anda

Dalam pembukuan perusahaan pasti selalu melakukan proses pencatatan yang dilakukan secara berkala untuk mengumpulkan informasi keuangan yang meliputi aktiva, kewajiban, biaya, pemasukan dan modal, termasuk juga informasi harga total transaksi atas jasa atau barang. Kemudian terakhir membuat laporan keuangan yang memuat neraca, laba rugi untuk rentang waktu tahun pajak.

Salah satu aplikasi keuangan dan pembukuan terbaik produk Indonesia adalah Jurnal by Mekari, yaitu software akuntansi berbasis cloud yang dapat Anda gunakan kapan saja dan di mana saja. Memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau untuk semua bisnis, dari UKM hingga perusahaan manufaktur besar. Berikut adalah keunggulan dari aplikasi keuangan Jurnal by Mekari di antaranya adalah :

#1. Untuk Aplikasi Keuangan Bisnis

Semua proses keuangan perusahaan tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat di aplikasi pembukuan keuangan Jurnal

#2. Laporan Pembukuan Usaha Lengkap Sesuai Bisnis Anda

Fitur aplikasi pembukuan jurnal bisnis menyiapkan laporan keuangan, penjualan, pembelian, biaya, pelanggan, pemasok, stok dan lain-lain; tergantung pada paket yang Anda pilih. Contoh laporan yang kami buat adalah: laporan laba rugi, arus kas, piutang, hutang, stok dan sebagainya.

#3. Membuat Laporan Bisnis akhir tahun

Selain bisa membuat laporan monthly report, aplikasi keuangan Jurnal juga bisa membuat laporan keuangan tahunan. Laporan-laporan yang berada di dashboard aplikasi keuangan Jurnal akan memberi Anda akses mudah ke semua laporan bisnis yang ada di Jurnal.

#4. Fitur Aplikasi Keuangan Via Seluler

Aplikasi keuangan Jurnal dapat Anda akses pada perangkat seluler Anda,semua informasi Anda disinkronkan di semua perangkat Anda sehingga Anda selalu dapat mengakses data Anda di manapun Anda berada, di perangkat apa pun yang Anda inginkan. Namun, kami menyarankan untuk menggunakan perangkat lunak komputer Journal Desktop untuk proses operasional Akuntansi yang lebih lengkap dan intuitif.

 Kelebihan Aplikasi Keuangan Jurnal

Dengan menggunakan aplikasi keuangan Jurnal ini bisa membantu Anda menyederhanakan proses kerja dengan aplikasi keuangan dan akuntansi harian melalui fitur-fitur otomatis yang menghemat waktu dan tenaga, sehingga bisnis Anda menjadi lebih efisiensi serta cepat berkembang.

1. Mudah digunakan untuk pemula

Bagi pemula aplikasi keuangan Jurnal ini khusus dirancang dengan tampilan dashboard yang simpel serta alur kerja dari fitur-fitur yang mudah dipahami, bahkan untuk non-akuntan.

2. Fiturnya Lebih akurat dan detail

Menyimpan dan mengelola data secara otomatis dengan risiko kesalahan manusia yang minimal untuk menghasilkan laporan yang akurat dan terperinci

3. Pengaturan aplikasi untuk semua proses

Otomatiskan semua pekerjaan akuntansi Anda dengan mudah, sehingga lebih efisien dan dapat fokus pada pengembangan bisnis.

4. Aplikasi keuangan otomatis dan lebih mudah

Pembukuan akhir bulan tidak lagi merepotkan dengan aplikasi pembukuan bisnis. Semua catatan transaksi secara otomatis terintegrasi ke dalam laporan keuangan, lengkap dengan laporan neraca, pendapatan dan arus kas. Saatnya menggunakan software pembukuan bisnis untuk bisnis Anda.

5. Dilengkapi CoA (Daftar Rekening)

Kapan pun Anda perlu melacak, membandingkan, atau menganalisis data pembukuan toko, koperasi, atau perusahaan Anda, dapatkan kemudahannya dengan mengakses Daftar Rekening yang telah sistematis dan terstruktur dalam aplikasi pembukuan bisnis dari Jurnal.

6. Buku Besar (Ledger)

Membuat laporan pembukuan menjadi mudah dengan semua detail transaksi tercatat dengan rapi melalui sistem software yang otomatis dan menyeluruh, sehingga mengurangi kesalahan dalam menyimpan semua transaksi dan rekening penting bisnis Anda. Data laporan pembukuan akuntansi menjadi lebih akurat dan terpercaya.

7. Laporan Neraca saldo

Setiap transaksi dalam aplikasi pembukuan akan secara otomatis dilampirkan pada laporan neraca saldo yang dapat langsung dicocokkan. Jurnal juga melakukan pemeriksaan dan saldo otomatis untuk memastikan jumlah debit dan kredit harus sama.

8. Perekaman Jurnal

Mencatat segala bentuk pembukuan perusahaan baik dari segi pemasukan, pengeluaran dan lain-lain melalui sistem aplikasi otomatis yang dapat membuat jurnal umum dengan mudah, cepat, dan detail.

9. Lampiran transaksi digital

Tidak perlu lagi khawatir kehilangan struk transaksi. Fitur software pembukuan jurnal dilengkapi dengan fitur lampiran transaksi digital yang mudah dilacak melalui file paperless yang mudah disimpan.

10. Kemudahan pembukuan otomatis

Dapatkan berbagai keuntungan dari aplikasi keuangan yang sederhana namun otomatis akan memudahkan Anda dalam menyusun laporan dari toko, koperasi hingga perusahaan skala besar secara akurat, efisien dan cepat.

Transaksi keuangan diatur berdasarkan kategori transaksi
Kemudahan untuk menyetujui saran dan kecocokan otomatis serta membuat perubahan dan penambahan pada laporan
Membuat dan mengirimkan ringkasan laporan bisnis dengan mudah.

Begitu banyak kelebihan dan manfaat Aplikasi Keuangan Jurnal yang bisa membantu Anda membuat laporan keuangan perusahaan yang akurat, cepat dan mudah.

Anda dapat mencoba menggunakan Aplikasi Keuangan Jurnal secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini, dan buktikan kinerjanya.

Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024