Samarinda (ANTARA) - Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur, mencatat jumlah penumpang yang berangkat melalui Bandara Samarinda selama masa liburan Natal pada periode 23 - 25 Desember 2022 sebanyak 3.489 penumpang.

“Jumlah penumpang yang berangkat paling banyak rute penerbangan Samarinda-Surabaya menggunakan maskapai Super Air Jet, rata-rata 150 penumpang per hari,” kata Kepala Seksi Teknik dan Operasi UPBU APT Pranoto Dwi Muji di Samarinda, Senin.

Dia menuturkan, mengenai penanganan pengamanan selama libur Natal UPBU APT Pranoto melakukan pemeriksaan rutin terhadap penumpang dan bagasi pada Security Check Point (SCP) 1 guna memastikan tidak ada barang berbahaya yang dimasukkan ke dalam bagasi.

Kemudian, juga dilakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan kabin di SCP dua dan memastikan penumpang tidak membawa barang yang dilarang ke dalam kabin. Dwi mengungkapkan, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang selama Natal dan Tahun Baru, UPBU APT Pranoto, berkolaborasi dengan unsur TNI, Polri, Karantina, Dinas Perhubungan dan PMI mendirikan Posko yang beroperasi mulai tanggal 18 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

Baca juga: Bandara Juanda layani 232.011 penumpang selama pembukaan posko Tahun Baru 2023
Baca juga: Diprediksi penumpang Bandara Juanda libur akhir Tahun 2022 naik 70 persen

“Terjadi peningkatan penumpang yang berangkat pada tujuh hari sebelum natal yakni Minggu (18/12) sebanyak 1.350 penumpang dan Kamis (22/12)) sebanyak 1.335 Penumpang,” katanya. Adapun maskapai yang banyak digunakan adalah Batik Air tujuan Jakarta sehari dua kali penerbangan dan Maskapai Super Air Jet tujuan Surabaya dua kali penerbangan.

Dwi mengingatkan, kepada masyarakat Kaltim yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui Bandara APT Pranoto dipastikan untuk usia di atas 17 tahun sudah divaksin lengkap (booster). Sedangkan usia 6 – 17 minimal sudah divaksin dua kali serta datang ke bandara dua jam sebelum keberangkatan.


 

Pewarta : Gunawan Wibisono
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024