Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yakin pembangunan Sumut Sport Center yang akan dijadikan venue utama untuk kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 akan selesai Juli mendatang.
 
Usai memimpin rapat koordinasi persiapan dengan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin di Medan, pada Jumat (17/5), Dito menyampaikan bahwa pembangunan Stadion Utama Sumut telah mencapai 41,27 persen.
 
"Juli selesai, saya juga beberapa bulan lalu saat kunjungan kerja ke sini fondasi dan tiang-tiang sudah terpasang, jadi optimis Juli sudah selesai," kata Dito dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta.
 
Ia membeberkan, selain pembangunan stadion utama, fasilitas olahraga lainnya juga segera rampung tepat waktu, sehingga pelaksanaan PON tahun ini bisa berjalan sukses dan lancar.
 
Dia optimistis, penyelenggaraan ajang olahraga nasional multievent empat tahunan itu bisa sukses dalam segala aspek, mulai dari penyelenggaraan, prestasi, dan juga administrasi.

Baca juga: Menpora Dito mendukung Pari Sakti Diving International 2024
Baca juga: Menpora Dito Ariotendjo harapkan teqball Indonesia rintis prestasi internasional
 
Lebih lanjut dia membeberkan, sebelum pelaksanaan nanti, terlebih dahulu akan digulirkan tes event. Untuk di Sumut, rencananya digelar event cabang olahraga atletik.
 
"Sudah dibahas (tes event). Nah rencananya ada beberapa cabang olahraga. Untuk di Sumatera Utara salah satunya itu adalah atletik," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

PON XXI Aceh-Sumut dijadwalkan berlangsung dari 8-20 September 2024. Dalam PON tahun ini akan mempertandingkan 65 cabang olahraga dengan 32 cabang olahraga digelar di Aceh dan 33 cabang olahraga dipertandingkan di Sumatera Utara.
 

 
 

Pewarta : Donny Aditra
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024