Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan sosialisasi sekaligus peluncuran pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah setempat pada Pilkada 27 November 2024.

"Kegiatan peluncuran ini menandakan KPU telah siap melaksanakan Pilkada 2024," kata Ketua KPU Lombok Tengah, Hendri Harliawan saat acara peluncuran Pilkada di Praya, Sabtu.

Ia mengatakan proses peluncuran Pilkada 2024 ini kewajiban semua KPU di Provinsi maupun kabupaten/kota, setelah peluncuran secara nasional dilakukan serentak oleh KPU RI.

"Ini menandakan proses pemilihan bupati dan wakil bupati Lombok Tengah 2024 dimulai," katanya.

Ia mengatakan perjalanan panjang sejarah demokrasi yang telah dilaksanakan, sudah mampu melahirkan tokoh hebat dari demokrasi itu.

"Kabupaten Lombok berkembang pesat dan menjadi tujuan wisata di dunia dengan ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika," katanya.

Ia mengatakan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai 83,57 persen atau melampaui target nasional 79 persen. Bila dibandingkan dengan partisipasi pemilih di Pilkada 2020 yang mencapai 71 persen, mengalami peningkatan yang cukup baik.

"Ada peningkatan yang cukup baik," katanya.

Baca juga: Anies tak ada kaitan dengan penugasan Golkar di Pilkada Jakarta
Baca juga: DPRD ingatkan Pj Gubernur NTB taati SE Mendagri soal mundur ikut pilkada

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat Lombok Tengah untuk datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024 untuk memilih pemimpin sesuai dengan pilihan.

"Di Pilkada 202r ini ada dua agenda yang dilaksanakan yakni pemilihan bupati dan wakil bupati Lombok Tengah. Pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur NTB," katanya.


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024