Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) dalam melakukan sosialisasi penggunaan qris dalam ajang Dompu expo yang digelar 24-29 Juni 2024 di lapangan di daerah setempat.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu Daryati Kustilawati melalui keterangan tertulisnya di Mataram, Senin mengatakan para pengunjung Dompu expo yang berdonasi paling kurang Rp1 dengan qris akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp10.000 dari Bank Indonesia.

"Menggunakan aplikasi qris dalam bertransaksi atau melakukan pembayaran memberikan banyak kemudahan," katanya.

Ia mengatakan di era digital ini masyarakat harus familier menggunakan aplikasi qris dalam bertransaksi atau melakukan pembayaran.

Salah satu keuntungan bila menggunakan qris saat bertransaksi, konsumen hanya perlu memindai barcode yang ditampilkan pedagang atau penyedia layanan menggunakan handphone-nya dan transaksi pun bisa dilakukan.

"Transaksi menggunakan layanan Hp itu bisa dilakukan," katanya.

Kadis Daryati Kustilawati mengimbau masyarakat Dompu khususnya untuk hadir meramaikan Dompu expo 2024, agar familier menggunakan aplikasi qris.

"Mari ramaikan pagelaran Dompu Expo 2024 dan dari sekarang menggunakan aplikasi qris dalam berbagai transaksi pembayaran," katanya.

Response Code Indonesian Standard atau yang disingkat qris merupakan penyatuan berbagai macam QR dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan memakai QR Code.

Qris juga sebagai sistem pembayaran non tunai yang sudah menjadi fitur Mobile Banking dan E-Wallet.


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024