Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar ajang Research and Development 20 (RD20) Summer School 2024 untuk mengeksplorasi isu terkait transisi energi dan upaya dekarbonisasi, dalam mewujudkan sistem energi yang berkelanjutan.
 
Kegiatan yang bertemakan “Diversity of Knowledge on Decarbonization in Just Energy Transition Mechanism” ini dihadiri oleh sejumlah peneliti muda dari negara-negara G-20, dan akan berlangsung di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor pada Senin-Sabtu, 8-13 Juli 2024.
 
"RD20 Summer School adalah bukti komitmen BRIN untuk mendorong inovasi dan kolaborasi di antara peneliti muda di seluruh dunia. Bersama-sama, kita dapat membuka jalan menuju masa depan yang berkelanjutan," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko melalui keterangan di Jakarta, Ahad.
 
Di mengatakan pengembangan energi terbarukan dan strategi dekarbonisasi menjadi semakin krusial untuk dilakukan, guna menghadapi tantangan serius terkait dampak dari perubahan iklim. Sementara, Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Cuk Supriyadi Ali Nandar menambahkan RD20 Summer School bertujuan menyatukan pemikiran yang solutif dan inovatif untuk mengatasi kompleksitas strategi transisi energi dan upaya dekarbonisasi.
 
"Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara para ilmuwan, kita berusaha membekali peneliti-peneliti muda untuk mengembangkan solusi yang berkelanjutan di masa depan," ujarnya.
 
RD20 Summer School, kata Cuk Supriyadi, menciptakan wadah yang dinamis bagi para peneliti muda untuk mengeksplorasi dan berinovasi di bidang energi.
 
"Semangat kolaboratif dan sharing perspektif yang dibagikan selama kegiatan ini diharapkan mampu mendorong kemajuan yang signifikan dalam upaya menuju masyarakat rendah karbon," tambahnya.

Baca juga: Pengamat: Jokowi "Effect" bisa menangkan Kaesang di Jateng
Baca juga: Mengurai tantangan energi alternatif berbasis riset
 
Selanjutnya, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito menyebut program ini merupakan upaya dalam menjembatani pengetahuan teoritis dan aplikasi praktis, yang mendorong peserta untuk berkontribusi aktif dalam perubahan lanskap sistem energi di masa mendatang.
 
Menurut Mego, peran energi terbarukan dan dekarbonisasi sangat penting untuk masa depan Indonesia, di mana BRIN berkomitmen untuk memimpin upaya ini melalui penelitian dan inovasi.
 
"RD20 Summer School tidak hanya mendorong di sisi akademis, tetapi juga mempromosikan kolaborasi internasional di antara generasi berikutnya, dengan melibatkan ilmuwan dan praktisi di bidang energi," ucap Mego.*
 
 

Pewarta : Sean Filo Muhamad
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024