Mataram (ANTARA) - Asisten I Setda Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Atmaja Gumbara meresmikan Integritas Layanan Primer (ILP) dan Pemantauan Kesehatan dengan Peta Digital (Pekan Pagi) untuk peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

"Program ini merupakan terobosan baru dalam pembangunan aspek kesehatan dan pelayanan masyarakat di Kabupaten Lombok Utara," kata Atmaja saat meresmikan program tersebut di Puskesmas Tanjung, Kamis.

Pelayanan ILP dan peluncuran Pekan Pagi, kata dia, merupakan upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. "Sehingga transformasi sistem layanan mampu berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat dalam aspek kesehatan," katanya.

Ia mengatakan transformasi pelayanan kesehatan terus menerus dilakukan, salah satunya dengan ILP dan Pekan pagi sebagai platform integrasi layanan kesehatan guna mewujudkan pelayanan yang lebih komprehensif dan responsif. "Serta terjangkau untuk mengatasi kebutuhan kesehatan yang diperlukan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Lombok Utara menetapkan delapan UPTD Puskesmas dan 33 puskesmas pembantu (pustu) menerapkan ILP guna meningkatkan pelayanan kesehatan dan menyelesaikan permasalahan kesehatan dengan baik.

Sementara Pekan Pagi merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu tenaga kesehatan dalam memantau dan mengelola risiko. "Seperti kehamilan secara efektif dengan memanfaatkan teknologi digital yang meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil," katanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lombok Utara Suhardin menyampaikan sistem kesehatan nasional maupun di daerah sangat penting.

“Pelayanan ini harus didongkrak lebih maju, supaya angka kesehatan di Indonesia menuju Indonesia Emas berkembang lebih pesat," katanya.

 


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024