Lombok Tengah (ANTARA) - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Lalu Pathul Bahri meminta para kepala desa untuk tetap menjaga situasi kondusif di wilayahnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

"Saya mengharapkan agar saudara selaku pimpinan tertinggi di tingkat desa untuk menciptakan suasana yang kondusif pada Pilkada 2024," kata Pathul Bahri saat acara pengukuhan perpanjangan masa jabatan 118 kepala desa (kades) di Kantor Bupati Lombok Tengah, Rabu.

Ia juga mengingatkan para kades agar setiap pelaksanaan tugas dan program pembangunan harus merujuk pada ketentuan yang berlaku.

"Penyusunan program pembangunan desa harus direncanakan dengan matang, optimalkan penggunaan dana desa dengan bijak, dibahas dengan baik melalui musyawarah desa," katanya.

Baca juga: Dana hibah Pilkada Lombok Tengah 2024 cair 100 persen

Pemkab Lombok Tengah mendapatkan penghargaan dalam mendorong percepatan pembangunan desa dari Kementerian Desa PDTT sehingga seluruh desa telah mencapai status mandiri, maju dan berkembang.

"Penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh elemen masyarakat Kabupaten Lombok Tengah. Kami berharap dengan capaian ini, desa-desa dapat terus berinovasi, berkreasi dalam pembangunan desa," katanya.

Baca juga: Tiga ASN langgar netralitas di Lombok Tengah diberi sanksi

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Tengah Lalu Rinjani mengatakan pengukuhan perpanjangan masa jabatan kades ini sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang menyatakan masa jabatan kades dari enam tahun menjadi delapan tahun.

"Perpanjangan masa jabatan ini harus dimaknai sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri ke arah perubahan yang lebih baik," katanya.

Ia mengatakan jumlah kades yang dikukuhkan sebanyak 118 orang, terdiri atas 81 kades masa jabatan periode 2018–2024, 16 kades periode 2021–2027, 15 kades periode 2022–2028, dan enam kades pengganti antarwaktu periode 2018–2024 yang telah dikukuhkan dan diperpanjang masa jabatannya.

"Kami berharap para kades agar kesempatan ini dengan sebaik mungkin dalam melayani kepentingan masyarakat dengan program-program yang tentunya sejalan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat," katanya.

Baca juga: Bawaslu uji petik pelaksanaan coklit data pemilih di Lombok Tengah
Baca juga: Bawaslu perkuat peran panwascam di Pilkada Lombok Tengah 2024


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024