Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), berkolaborasi dengan perusahaan swasta melaksanakan job fair atau bursa kerja dalam rangka menyiapkan peluang kerja bagi masyarakat di daerah setempat.

Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu di Lombok Utara, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut untuk menjembatani perusahaan yang mencari tenaga kerja dan pekerja yang mencari lapangan kerja yang sesuai dengan kompetensi.

"Pasar kerja di Kabupaten Lombok Utara cukup besar, jumlah hotel dan restoran 790 lebih," katanya.

Oleh karena itu Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan TK) Kabupaten Lombok Utara membuka kembali bursa kerja dengan beberapa perusahaan penyedia tenaga kerja.

"Semoga kegiatan ini membuka peluang bagi ratusan tenaga kerja yang ada di Kabupaten Lombok Utara," katanya.

"Demi anak-anak kami yang ingin bekerja dan penyediaan pekerjaan pun dapat menemukan pekerja sesuai dengan yang dibutuhkan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas DPMPTSP dan TK Kabupaten Lombok Utara Evi Winarni menyampaikan bursa kerja tersebut merupakan yang kedua setelah diawali pada 2023.

"Job fair 2023 itu tersedia 900 lowongan kerja, namun yang lulus sesuai dengan kompetensi yang diinginkan sekitar 200 orang dan yang masuk pada penjaringan saat itu kurang lebih 120 orang," katanya.

Pada 2024 pihaknya melakukan bursa kerja yang kedua diikuti oleh 33 perusahaan yang terdiri dari hotel, restoran, dan ritel modern, serta penempatan kerja di luar negeri atau Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang secara khusus disiapkan.

"Untuk tahun ini tersedia 300 lowongan kerja dengan harapan semoga tahun ini akan banyak diterima anak-anak dari Kabupaten Lombok Utara," katanya.

Bursa kerja diselenggarakan selama dua hari  pada tanggal 23-24 Juli 2024. "Dan DPMPTSP dan TK akan menerima kembali laporan dari semua perusahaan terhadap jumlah tenaga kerja yang terserap," katanya.


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024