Mataram (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat, Nusa Tenggara Barat, kunjungan sekolah bertajuk Tax Goes To School 2024 untuk memberikan edukasi tentang perpajakan kepada para siswa dan guru SMKN 2 Selong, Kabupaten Lombok Timur, Rabu.

Kepala KPP Pratama Mataram Barat, Tomo Hendri Purwoko, mengatakan, kegiatan tersebut digelar setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan untuk memperkenalkan perpajakan Indonesia kepada pelajar sebagai generasi penerus bangsa.
 
Kegiatan Tax Goes To School 2024 tersebut bertema "Sadar Pajak Bukti Peduli pada Negeri".

"Kegiatan edukasi yang digelar di SMKN 2 Selong hari ini, diikuti sebanyak 70 siswa serta perwakilan guru," katanya.

Baca juga: KPP Pratama Mataram Barat himpun pajak hingga Juni 2024 sebesar Rp767 miliar

Di hadapan siswa dan guru, Tomo menyampaikan tentang pentingnya edukasi perpajakan untuk para siswa sebagai calon wajib pajak yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Menurutnya, para generasi muda perlu memahami fungsi pajak sebagai salah satu sumber penerimaan negara di APBN, dengan porsi sebesar 85 persen dari seluruh penerimaan negara.

"Pajak itu lah yang digunakan untuk pembangunan, membangun industri, membuka lapangan kerja dan lain sebagainya," ujar Tomo.

Baca juga: KPP Pratama Mataram Barat himpun pajak senilai Rp767 miliar

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Selong, Kabur Hikman menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat yang telah memberikan edukasi kepada siswa dan para guru.

"Sebagai calon-calon pemimpin bangsa, kata dia, para siswa harus memahami keuangan negara secara utuh dan menyeluruh sejak dini," katanya.

Penyuluh Pajak KPP Pratama Mataram Barat, Dony Purnomo Sidik memaparkan materi Tax Goes To School 2024.

Ia menyampaikan pemaparan kepada para siswa dan guru tentang peran pajak dalam pembangunan negara dan manfaat penerimaan negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pemaparan juga disertai dengan ilustrasi agar mudah dipahami oleh siswa.

Selain pemberian materi Tax Goes To School, ada juga lomba kuis tentang APBN dan pajak. Lomba diikuti oleh para siswa dengan penuh semangat.

Baca juga: KPP Pratama Mataram Barat hadirkan siswa SMAN 5 Mataram dalam Tax Goes to School

Pewarta : Awaludin
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024