Mataram (ANTARA) - Turnamen Tenis Terbuka Bulog Next 2K24 yang digelar di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 8-11 Agustus 2024, berjalan sukses dan tidak hanya untuk olahraga tetapi juga untuk ekonomi lokal.

Ketua Panitia Penyelenggara, Sawaludin Susanto, mengatakan turnamen bergengsi tersebut menarik lebih dari 215 peserta dari seluruh Indonesia, termasuk Papua, Kalimantan, Sumatera, Bali, Jambi, dan Jawa.

"Dari total 215 atlit yang berlaga, ada 50 persen berasal dari luar NTB. Belum lagi keluarga mereka yang datang untuk menyaksikan pertandingan," katanya.

Menurutnya, kedatangan para pemain tenis dan pendukung dari dalam dan luar NTB, memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi lokal. Hotel, restoran, dan layanan transportasi mengalami lonjakan permintaan karena peserta dan keluarga mereka berbondong-bondong datang ke Mataram.

"Peserta tinggal di hotel lokal selama hampir dua minggu, dan itu merangsang industri pariwisata dan bisnis lainnya," ucap Sawaludin yang juga menjabat sebagai Manajer Komersial, Perum Bulog Wilayah NTB.

Di luar aksi olahraga, turnamen tenis tersebut juga menyoroti beragam kuliner daerah. Paniti penyelenggara memberikan kesempatan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal untuk menampilkan produk mereka kepada khalayak luas. Sepuluh vendor UMKM ditempatkan di lokasi Bulog NTB, sementara yang lain hadir di empat lokasi lainnya, yakni Kejaksaan Tinggi NTB, PLN UIW NTB, dan Lapangan Tenis Handayani.

Turnamen tersebut juga menjadi platform bagi pemain tenis yang sudah mapan dan yang bercita-cita. Beberapa mantan juara nasional, termasuk Sulistio Wibowo, berpartisipasi dalam acara tersebut, sehingga menginspirasi generasi muda.

Selain itu, turnamen tenis terbuka Bulog Next 2K24 itu menarik atlet yang sedang mempersiapkan diri untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

"Kami berharap acara ini dapat menjadi pemanasan untuk PON ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024," ucap Sawaludin.

Baca juga: Impor beras dongkrak penerimaan bea masuk di Lombok NTB
Baca juga: Kerja sama Bulog-Perbadi perkuat produksi beras lokal

Sementara itu, Intiar Rinayu Juliswatin, salah satu pelaku UMKM mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam event olahraga tersebut.

"Permintaan produk kami cukup tinggi sepanjang turnamen. Kami berharap acara seperti ini dapat terus diselenggarakan," tuturnya.

Penyelenggara turnamen tenis terbuka Bulog Next 2K24 membayangkan masa depan di mana turnamen menjadi acara tahunan, dikelola secara profesional oleh entitas swasta. Panitia juga menyatakan ketertarikan dalam menyelenggarakan turnamen untuk pemain muda guna membina generasi tenis masa depan.

Pewarta : Awaludin
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024