Banda Aceh (ANTARA) - DKI Jakarta sukses mendulang medali emas cabang olahraga soft tenis beregu putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 berkat permainan yang solid saat menghadapi Jawa Timur.

Pada pertandingan final di Lapangan Soft Tenis Mapolda Aceh, Banda Aceh, Selasa (17/9) malam, Jakarta yang menurunkan Oxi Gravitasi Putri pada partai perorangan Julia Sanger/Ni Putu Armini menang atas Jatim 2-0.

Oxi Gravitasi turun pertama pada partai perorangan melawan wakil Jawa Timur, Nofulan Adyani. Oxi memulai pertandingan dengan mulus dan dapat dengan mudah menghalau pukulan-pukulan yang diarahkan kepadanya.

Meski Nofulan Adyani berhasil memanfaatkan momentum dan menghasilkan satu skor, namun upaya itu masih belum bisa menandingi skor Oxi yang sudah melesat 3-1. Pada akhirnya, Oxi mampu mencetak satu skor terakhir, sehingga Jakarta unggul atas Jawa Timur dengan skor 4-1 dalam set pertama.

Kemudian, pada partai ganda, Julia/Putu berhadapan dengan wakil Jawa Timur, Heravita Mediana/Shilvia Audy. Pertandingan antara dua pasangan ini berjalan sengit.

Agar bisa melengkapi skor partai perorangan dan keluar sebagai pemenang, Jakarta harus bisa menjaga pertahanan sejak awal. Namun, Julia/Putu beberapa kali gagal membalas pukulan lawan pada awal-awal pertandingan.

Julia yang berada di posisi depan net mengakui bahwa dirinya sempat merasakan tekanan lantaran pada pertandingan ganda putri sebelumnya, Jakarta sukses mendapatkan medali emas atas Jawa Timur.

“Karena kami melihat bahwa sudah ada medali emas, jadi merasa agak gugup. Seharusnya kami bermain dengan percaya diri dan menang dengan mudah,” ucapnya.

Baca juga: Perjuangan jujitsu masuk perhelatan pertama di PON
Baca juga: Jabar sempurnakan kesuksesan soft tenis dengan emas beregu

Akan tetapi, pada tengah permainan, Julia/Putu mulai membalikkan hasil pertandingan dengan memberikan serangan pada celah-celah yang gagal dibalas oleh lawannya. Beberapa kali keduanya terlihat berbisik-bisik untuk mendiskusikan rencana pukulan mereka. Akhirnya, pasangan Jakarta itu pun berhasil mengejar ketertinggalan poin dan keluar sebagai pemenang dengan skor ketat 5-4 atas Jawa Timur.

Perolehan skor Jakarta yang disumbangkan oleh partai perorangan dan partai ganda pun membawa mereka unggul atas Jawa Timur dan menggondol medali emas.

Berikut perolehan medali pada final nomor beregu putri soft tenis PON XXI:

1. Medali emas: Jakarta
2. Medali perak: Jawa Timur
3. Medali perunggu: Jawa Tengah dan Sulawesi Utara


 

 

Pewarta : Nadia Putri Rahmani
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024