Lombok Tengah (ANTARA) - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) menyatakan pembayaran hosting fee kepada Dorna sport sedang dalam proses dan dipastikan ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, 27-29 September 2024 tetap digelar.

"Pembayaran hosting fee MotoGP cukup banyak yang mendukung. Artinya race dipastikan tetap berlangsung," kata Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGPTM) 2024 Troy Warokka di Lombok Tengah, Rabu.

Ia mengatakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan perhatian khusus terkait dengan hosting fee MotoGP Indonesia 2024.

Baca juga: Pengamanan di KEK Mandalika diperketat menjelang MotoGP 2024

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif direncanakan kembali memberikan dukungan untuk ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

"Kami terus bekerja untuk mendapatkan dukungan sumber hosting fee ini. Bisa dibayar sebelum race atau setelah race, tidak ada masalah dari pihak Dorna sport," katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah Lombok Tengah yang telah memiliki wacana untuk mendukung pembayaran hosting free ajang MotoGP Indonesia tersebut, meskipun secara resmi belum disampaikan.

Selain itu, untuk persiapan ajang MotoGP Indonesia 2024 telah mencapai 95 persen dan dipastikan bisa berjalan dengan baik, karena ajang ini tidak dilaksanakan tahun ini saja, namun telah dilaksanakan sebelumnya.

"Artinya tinggal 5 persen saja dan tinggal eksekusi, secara teknis tidak ada persoalan," katanya.

Baca juga: Parade pembalap MotoGP Mandalika 2024 dihadiri Marc Marquez

Ia mengatakan ajang MotoGP Indonesia ini bukan milik penyelenggara, namun untuk kemajuan Indonesia dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat serta peningkatan wisatawan.

"Ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika merupakan etalase untuk menunjukkan kehebatan Indonesia," katanya.

Penjualan tiket ajang MotoGP Indonesia hingga saat ini telah mencapai 45 persen dari total target penonton dan untuk tiket VIP telah habis terjual.

"Kami optimis penjualan tiket bisa meningkat menjelang balapan," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama MGPA Priandhi mengatakan proses pengecatan ulang curbstones lintasan bertujuan untuk mempercantik lintasan Sirkuit Mandalika dan proses pengecatan telah rampung.

"Pengecatan ulang lintasan Sirkuit Mandalika telah selesai dan kami tetap melakukan pembersihan lintasan," katanya.

Persiapan ajang MotoGP Indonesia tidak hanya dilakukan di lintasan, namun mencakup pemeliharaan dan pengaturan peralatan elektronik seperti Digital Flag, Timing System, CCTV Circuit, Start/Finish LED dan berbagai perangkat lainnya.

"Persiapan lintasan Sirkuit Mandalika sudah selesai,," katanya.
 

Baca juga: Jelang MotoGP, Kawasan lingkar Sirkuit Mandalika Lombok dihijaukan

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024