Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menggelar bursa kerja atau job fair yang menawarkan lebih dari 2 ribu lowongan pekerjaan di berbagai sektor bidang usaha atau perusahaan.

Bursa kerja digelar dua hari, 20-21 September 2024, di Mall Ponorogo City Center (PCC).

"Kami terus berupaya aktif memberikan kesempatan kerja melalui event yang bisa dimanfaatkan oleh angkatan kerja yang saat ini belum bekerja," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi usai meninjau langsung kegiatan bursa kerja di Ponorogo, Sabtu.

Kegiatan itu digelar setiap tahun di Ponorogo, hasil kerja sama Kemnaker dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo. Anwar Sanusi menyebut kegiatan job fair ini merupakan salah satu terobosan yang efektif untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

"Salah satu tujuan job fair ini untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan secara langsung tanpa perantara, guna mengatasi kesenjangan antara supply tenaga kerja dan demand dari pihak perusahaan.

Anwar juga menyebutkan angka pengangguran terbuka saat ini di Indonesia mencapai 4,82 persen. Sedangkan untuk Kabupaten Ponorogo berada di bawah rata rata nasional yakni 4,7 persen.

Oleh sebab itu, pihaknya akan terus melakukan berbagai langkah upaya penekanan angka pengangguran, salah satunya dengan menggelar bursa kerja.

"Ini merupakan tantangan yang mesti kita hadapi, bagaimana tugas kita agar angka pengangguran terbuka bisa kita tekan, dan salah satunya melalui job fair ini," ujarnya.

Baca juga: Jokowi: Bonus demografi harus diiringi perluasan lowongan kerja
Baca juga: Disnaker data lowongan kerja bagi disabilitas di Mataram

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menambahkan angka pengangguran 4,7 persen tersebut jika dihitung kurang lebih 27 ribu jiwa. Meskipun demikian, kata dia, angka itu lebih baik jika dibandingkan dengan sebelumnya yakni 5,51 persen.

"Target kita di bawah 3 persen, nah untuk target tersebut tentu ada formula yang nanti kita rumuskan, contohnya job fair ini lalu kita punya BLK, maka mimpi besar kami tahun depan angka pengangguran terbuka di Ponorogo 3 persen," katanya
 

 

Pewarta : Destyan H. Sujarwoko
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024