Kabul, Afghanistan (ANTARA) - Badan bantuan negara Turki pada Selasa mengatakan bahwa pihaknya telah mengebor dan meresmikan sumur air yang akan menyediakan air minum bersih bagi lebih dari 300 keluarga di Afghanistan utara.
 

Kantor Badan Kerja Sama dan Koordinasi Turki (TIKA) di Kota Mazar-i-Sharif menyatakan sebuah sumur air dibor untuk menyediakan air bagi penduduk desa Ilkichi di distrik Balkh di provinsi Balkh.

Badan tersebut merinci bahwa tangki air galvanis berukuran 9.000 liter, panel surya untuk listrik, dan sistem distribusi air dipasang untuk sumur yang dibor pada kedalaman 120 meter itu.

Kemudian, ruang distribusi air dan pondasi tangki dibangun dari beton bertulang. Setelah diresmikan dalam sebuah upacara, sumur air tersebut siap digunakan.
 

Berbicara pada upacara pembukaan, Koordinator Kantor TIKA di Mazar-i-Sharif, Mikail Tasdemir, menyoroti persaudaraan dan persahabatan antara Turki dan Afghanistan. Dia menekankan bahwa Turki selalu berdiri di sisi rakyat Afghanistan pada masa-masa sulit.

Baca juga: Presiden AS Biden sebut pembunuhan aktivis Turki oleh Israel sebagai kecelakaan
Baca juga: Pembunuhan aktivis Amerika di Tepi Barat tak bisa diterima

Tasdemir menyebutkan TIKA beroperasi di berbagai bidang, termasuk pendidikan, kesehatan, pertanian, infrastruktur, restorasi, dan pelatihan vokasi. Dia pun mengatakan bahwa bantuan kepada masyarakat Afghanistan akan terus berlanjut.

Kari Muhibuddin, kepala desa Ilkichi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Turki dan TIKA atas bantuan yang diterima desanya. Usai upacara, sumur air dibuka untuk digunakan bersama untuk sembahyang.

Sumber : Anadolu
 

 


Pewarta : Kuntum Khaira Riswan
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024