Mataram (ANTARA) - Seri pembuka Tur Asia MotoGP 2024 resmi dimulai di Sirkuit Mandalika hari ini dengan agenda free practice dan practice untuk tiga kelas balap, yakni MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Gelaran ini disambut antusias oleh para penggemar balap motor di seluruh dunia khususnya di Indonesia. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat memastikan kesiapan penuh untuk mendukung seluruh kebutuhan kelistrikan di area balapan dan fasilitas terkait.

Di hari pertama ini, PLN NTB memastikan pasokan listrik di seluruh area sirkuit, mulai dari Main Pit Building, Paddock, hingga area VIP Deluxe aman.

Berdasarkan pemantauan PLN, beban listrik tertinggi tercatat di Main Pit Building, yang digunakan oleh para pembalap dan tim. Total beban listrik di hari pertama mencapai 2,725 kVA, yang menunjukkan lonjakan kebutuhan listrik dibandingkan tahun sebelumnya.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, menyampaikan bahwa beban puncak pada hari pertama MotoGP Mandalika 2024 ini bahkan telah melampaui angka tertinggi pada tahun 2023.

"Tahun lalu, beban puncak tercatat sebesar 2,403 kVA, dan tahun ini kami mencatatkan peningkatan sebesar 13,4% dengan beban puncak mencapai 2,725 kVA," ujar Sudjarwo.

Untuk memastikan kelistrikan tetap stabil, PLN menyiagakan personel di 18 titik strategis, termasuk VVIP area.

"Kami telah menempatkan tim khusus yang bersiaga selama 24 jam untuk menjaga agar pasokan listrik tetap aman selama acara berlangsung, terutama di lokasi-lokasi penting seperti Main Pit dan VIP Area," lanjut Sudjarwo.

Selain itu, PLN telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif dengan memasang sistem cadangan berupa generator set dan UPS di beberapa lokasi. Dengan adanya sistem cadangan ini, PLN memastikan bahwa jika terjadi gangguan, pasokan listrik tetap stabil dan acara dapat berjalan tanpa hambatan.

Turut menyaksikan secara langsung race hari pertama ini adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

Ia memberikan apresiasi kepada PLN atas suplai listrik yang andal selama acara. "Mantab PLN, (listrik) terang benderang bersama PLN. Hidup PLN!" ujar Sandiaga dengan penuh semangat.

Hadir pula Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin Malady, yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PLN.

"Luar biasa PLN, hari (pertama) ini listrik andal. Saya berharap besok, final race dan seterusnya listrik tetap andal. Terima kasih PLN," ungkap Jamaludin.

Dalam hari pertama ini, pembalap Ducati asal Italia, Enea Bastianini, tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 29,630 detik. Di kelas Moto2 dan Moto3, pembalap Ai Ogura dan Collin Veijer masing-masing mendominasi catatan waktu terbaik di lintasan.

Persaingan semakin sengit di hari pertama ini, menandakan seri pembuka yang penuh kejutan dan aksi memukau.

Gelaran MotoGP Mandalika 2024 tidak hanya penting bagi dunia olahraga, tetapi juga merupakan momen penting untuk menunjukkan kesiapan infrastruktur Indonesia, khususnya NTB, dalam menyelenggarakan acara bertaraf internasional.

"Kami bangga bisa menjadi bagian dari gelaran besar ini dan memastikan bahwa listrik aman, nyaman, dan tanpa gangguan," ucap Sudjarwo.

Baca juga: PLN NTB cek kesiapan kelistrikan jelang MotoGP Mandalika 2024
Baca juga: PLN siap dukung kesiapan BUMN dalam membangun The Mandalika Lombok

Hari pertama MotoGP Mandalika berjalan dengan sukses, dan PLN terus memegang peran krusial dalam memastikan lancarnya event internasional ini.

Kesiapan listrik di Mandalika adalah cermin dari dukungan penuh PLN dalam mendukung pengembangan infrastruktur dan ekonomi NTB melalui event-event besar.

Pewarta : Awaludin
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024