Mataram (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat Hassanudin melakukan ziarah nasional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Taman Makam Pahlawan Majeluk Kota Mataram, Jumat.

Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin mengatakan ziarah makam pahlawan ini merupakan bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

"Ziarah nasional merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan HUT ke-79 TNI yang dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: TNI tampilkan desain panggung seperti Istana IKN

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara TNI, pemerintah, dan masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam upacara ziarah tersebut bertindak selaku Komandan Upacara Komandan Korem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Agus Bhakti. Peserta apel terdiri atas Forkopimda NTB serta pejabat daerah lainnya.

Ziarah diawali dengan upacara penghormatan khidmat, diikuti dengan prosesi peletakan karangan bunga di monumen makam pahlawan, serta tabur bunga di atas makam para pejuang bangsa.

Acara ziarah berlangsung dengan khidmat, diakhiri dengan doa bersama untuk para pahlawan yang telah gugur. Para peserta ziarah berharap momentum tersebut dapat terus menjadi pengingat pentingnya menjaga persatuan dan semangat kebangsaan di tengah masyarakat.

Baca juga: TNI siapkan 1.000 lebih alutsista untuk berparade
Baca juga: Pangkoarmada I kibarkan Merah Putih di perbatasan RI

Pewarta : Nur Imansyah
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024