Lombok Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan jadwal debat calon kepala daerah (Cakada) Pilkada dijadwalkan berlangsung pada 13 November 2024 dan debat dilaksanakan satu kali.

"Debat calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah dilaksanakan 13 November 2024," kata Ketua KPU Lombok Tengah Hendri Herliawan usai melaksanakan rapat koordinasi persiapan debat peserta Pilkada 2024 di Lombok Tengah, Selasa.

Ia mengatakan konsep debat dan lokasi masih belum diputuskan, namun pihaknya sedang mulai melaksanakan persiapan pelaksanaan debat calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah.

Sedangkan untuk tim perumus sesuai aturan itu dari unsur akademisi, praktisi, dan profesional.

“Panelis termasuk moderator yang ditunjuk itu harus tetap independen. Lokasi debat akan dilaksanakan itu di hotel atau di Poltekpar Lombok, itu yang belum diputuskan," katanya.

Baca juga: Paslon Pilkada Lombok Tengah dilarang kampaye di tempat ibadah

Ia mengatakan dengan adanya debat calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah tersebut diharapkan masyarakat bisa memilih untuk menentukan pilihan pada Pilkada 27 November 2024. 

Selain itu, para calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah bisa menyampaikan visi dan misi, sehingga warga mendapatkan gambaran terkait program dari para paslon Pilkada Lombok Tengah.

"Debat ini bisa disaksikan secara secara daring oleh masyarakat," katanya.

Baca juga: Pjs Bupati pastikan Pilkada Lombok Tengah 2024 sesuai tahapan

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka pengundian nomor urut, ditetapkan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah di antaranya nomor urut (1) pasangan calon Ruslan Turmuzi dan Lalu Normal Suzana,
nomor urut (2) pasangan calon Lalu Pathul Bahri dan HM Nursiah 
dan nomor urut (3) H Ahmad Puaddi dan Lege Warman.

"KPU telah menetapkan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah di Pilkada 27 November 2024," katanya.

Baca juga: Logistik Pilkada 2024 di Lombok Tengah mulai berdatangan

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024