Jakarta (ANTARA) -
Pemenang Miss Universe Indonesia 2024 Clara Shafira Krebs mengatakan hanya memiliki waktu satu bulan untuk mempersiapkan diri menuju Miss Universe Mexico 2024 mulai dari persiapan catwalk, personality branding, photo shoot sampai mengikuti kelas hair do.
 
“Yang paling menantang adalah part catwalk karena saya bisa dibilang baru di pageant industry tapi saya sangat berusaha keras dan sangat senang dapat support ini dan siap ke Meksiko,” kata Clara dalam konferensi pers Miss Universe Indonesia Goes to Mexico di Jakarta, Sabtu.
 
Selama persiapan Clara dibimbing para mentor profesional seperti Caldera, Arie Khayz, Surya Deplasaleras, Edmund Daniel, Renjana, dan Dwi Sudarjantono, supaya berhasil mengasah keterampilan penting yang akan menunjang kesuksesannya di Meksiko.
 
Dia mengatakan sudah siap 100 persen untuk melenggang di Miss Universe Meksiko dan bersaing dengan kontestan beberapa negara yang diakuinya merupakan kompetitor hebat.

Baca juga: Mahasiswi Universitas Mataram raih gelar Miss Coffee Tourism
 
Sebagai bagian dari penampilannya, Clara Shafira akan mengenakan nasional kostum bertema "Guardian Angel of Nusantara", hasil karya desainer Lenny Hartono. Kostum ini mengangkat kekayaan budaya, adat istiadat, dan keindahan alam Nusantara, yang melambangkan sosok perempuan kuat dan anggun sebagai pelindung dan penginspirasi.
 
Sayap emas pada kostum melambangkan peran perempuan sebagai pelindung, menyebarkan energi positif untuk perempuan dan anak-anak yang merupakan masa depan bangsa. Kostum ini juga dilengkapi dengan elemen kain tradisional, yang menjadi pengingat tentang semboyan Bhinneka Tunggal Ika, bahwa meski berbeda-beda, Indonesia tetap satu.
 
Kostum ini tidak hanya menginspirasi, tetapi juga menyuarakan pentingnya kesadaran akan kesehatan mental dan perlindungan bagi perempuan serta anak-anak yang rentan. Dibuat dari bahan daur ulang seperti limbah logam dan plastik yang dicat dengan warna emas dan dihiasi kristal, kostum ini menyimbolkan cahaya dan kekuatan yang dibawa oleh sang pelindung.

Baca juga: Clara Shafira menegaskan anak muda tak boleh lupa warisan budaya
 
Selama kompetisi, Clara Shafira juga akan mengenakan berbagai karya desainer Indonesia terkemuka. Untuk penampilan formal, ia akan tampil dalam busana office look rancangan Dika Sigit, sementara cocktail dress akan dirancang oleh Audrey & Linda Mulia, Lota, dan Arturo Bali. Penampilannya akan semakin diperkuat dengan pakaian etnik bernuansa Nusantara dari Ahmad Sutoro.

Untuk sesi preliminary dan grand final, gaun malam yang menawan akan dirancang oleh Hengki Kawilarang, dan Clara Shafira akan mengenakan sepatu eksklusif karya Langkah by Lina Lee.
 
"Perjalanan ini bukan hanya tentang meraih gelar, melainkan juga tentang menciptakan warisan budaya Indonesia yang berkelanjutan. Kolaborasi yang terjalin selama ini telah membawa kami sejauh ini, dan semua ini tercapai berkat dukungan serta kontribusi dari semua pihak yang mendukung misi ini dan mendorong perubahan positif,” ucap National Director Miss Universe Indonesia 2024 Teuku Jordan Zacky A.

 
 

Pewarta : Fitra Ashari
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024