Polres Bogor mulai terapkan lintasan baru ujian SIM

id Polres Bogor, ujian SIM, sepeda motor

Polres Bogor mulai terapkan lintasan baru ujian SIM

Lintasan baru ujian praktik pembuatan SIM C di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Polres Bogor)

Kabupaten Bogor (ANTARA) - Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Bogor mulai menerapkan perubahan lintasan baru untuk materi praktik ujian penerbitan SIM C atau sepeda motor.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata di Bogor, Senin, menerangkan bahwa penerapan itu untuk mempermudah pemohon SIM sesuai dengan Keputusan Kakorlantas Polri Nomor : Kep/105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023. “Mulai hari ini Satpas Cibinong Polres Bogor menerapkan uji praktik baru untuk mempermudah masyarakat mendapatkan SIM,” kata AKP Dicky.

Ia menjelaskan lintasan yang sebelumnya berbentuk angka "8", kini diganti dengan berbentuk huruf "s". Kemudian, lebarnya ditambah dari 120 centimeter menjadi 200 centimeter atau sebanding dengan 2,5 kali lebar kendaraan.

Pemohon SIM C, kata dia, akan mengawali ujian praktik dari lintasan lurus. Pada awal lintasan terdapat tulisan "REM" untuk menguji kepekaan pengendara dalam melakukan pengereman sampai berhenti di lintasan bertuliskan "STOP".

Kemudian, setelah tes pengereman, materi selanjutnya yaitu memutar arah kendaraan sampai melintasi rute berbentuk huruf "s". Lalu, melakukan manuver di tikungan lain. "Terakhir, ada pengujian pengereman lagi dengan dua arah tujuan berhenti kiri dan kanan, serta materi terakhir adalah menguji kepekaan pengemudi untuk melakukan pengereman menghindar ke kiri atau ke kanan," paparnya.

Baca juga: Sirkuit uji praktik SIM di Lombok Tengah disesuaikan aturan baru
Baca juga: Polres Bima Kota sosialisasikan lintasan baru ujian praktik SIM C


Ia menyebutkan Satlantas Polres Bogor hingga kini masih menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai lintasan baru untuk ujian praktik SIM C, sehingga masyarakat bisa menyesuaikan diri dengan lintasan yang baru. “Pemohon yang akan mengikuti ujian praktik SIM C agar mengetahui ujian praktik terbaru agar bisa menyesuaikan diri dengan area yang disediakan,” tutur AKP Dicky.

Pada hari pertama penerapan lintasan baru ujian praktik SIM C, Satlantas Polres Bogor mencatat ada 25 orang pemohon mengikuti ujian praktik.