Melalui Rumah BUMN Lobar, UKM mutiara ini tembus omset Rp50 juta per bulan

id PLN NTB

Melalui Rumah BUMN Lobar, UKM mutiara ini tembus omset Rp50 juta per bulan

Istimewa

Mataram (ANTARA) - Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan guna mendukung pertumbuhan ekonomi lokal sekaligus memberikan dampak positif bagi masyarakat pelaku usaha, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat terus melakukan berbagai bentuk kegiatan untuk mendukung usaha kecil menengah (UKM) di Provinsi NTB.

Melalui program Tanggung Jawab dan Sosial Lingkungan (TJSL), PLN berkomitmen dalam mendorong pengembangan UKM melalui serangkaian road map berkelanjutan yang dirancang untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UKM lokal.

Salah satu pelaku UKM lokal, Oktina Utama Suari yang memiliki brand usaha Oktina Mutiara Jewellry dan bergerak di bidang kerajinan perhiasan mutiara di Lombok Barat menjelaskan awal mula usahanya dimulai di tahun 2015 dengan menjadi seorang reseller, menjualkan produk orang lain dengan bagi hasil keuntungan dari produk yang terjual.

Baru di tahun 2019, Oktina mencoba memberanikan diri merintis bisnisnya dengan membuat atau mendesain sendiri perhiasan dan menjualnya. Oktina pun mengaku setelah menjadi seorang pemilik bisnis, terus belajar mengembangkan kompetensinya. 

Salah satunya yaitu bergabung dengan Rumah BUMN Lombok Barat (RB Lobar) yang menjadi mitra dari PLN UIW NTB.

"Sejak bergabung dengan RB Lobar, banyak manfaat yang saya dapatkan. Awalnya sebelum bergabung, dari segi pengemasan barang, branding dan yang lainnya masih belum begitu mumpuni, penjualan pun masih konstan, namun setelah bergabung dengan Rumah BUMN Lombok Barat saya mendapatkan banyak pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan skill saya," ujarnya.

Oktina pun semakin bersemangat dalam mengembangkan bisnisnya. Terlebih, di RB Lobar, dirinya memperoleh pelatihan branding dan digital marketing yang bisa langsung dipraktikkan untuk membangun value dari produk Oktina Mutiara Jewellry.

Melalui RB Lobar juga, omsetnya mengalami peningkatan penjualan dan kesempatan bergabung di komunitas baru yang mampu bersinergi dan kolaborasi yang saling menguntungkan. Oktina juga menjelaskan untuk pemasaran secara online, saat ini Oktina Mutiara Jewellry sudah bisa menjangkau seluruh Indonesia dengan 70 reseller yang tersebar saat ini. 

"Sudah banyak tamu-tamu dari luar daerah juga yang datang berkunjung ke galeri kami hingga saat ini.  Alhamdulillah, omset per bulan mencapai 40-45 juta. Terima kasih kepada PLN atas bimbingan dan pendampingan dari PLN dan Rumah BUMN," katanya.

Sementara itu, General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo menyatakan bahwa PLN terus mendukung pengembangan ekonomi di masyarakat. Tidak hanya dengan menyuplai listrik andal, tapi juga memberikan sarana dan prasarana untuk UMK bisa naik kelas melalui program TJSL.

PLN memberikan pelatihan untuk rekan-rekan UKM yang belum naik kelas melalui RB Lobar. Hal ini dikarenakan masih cukup banyak UKM yang belum memahami digital marketing secara menyeluruh, membuat kemasan yang cantik untuk dijual ataupun peningkatan branding dari produk.

"Sebagai salah satu BUMN, PLN tidak hanya mengedepankan keuntungan saja, tetapi juga kami memperhatikan social value. Dukungan terhadap sektor UMK merupakan bentuk komitmen PLN untuk mencapai Sustainability Development Goals (SDG’s) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi utamanya dalam pilar pembangunan ekonomi guna mewujudkan pemberdayaan komunitas berkelanjutan," kata Sudjarwo.