Pembalap dibawa "tour area" untuk melihat Danau Toba

id F1 Powerboat Danau Toba ,InJourney Powerboat Danau Toba ,Pelabuhan mulia raja Napitupulu

Pembalap dibawa "tour area" untuk melihat Danau Toba

Pjs. Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Yudhistira Setiawan (kiri), dalam konferensi pers persiapan jelang balapan F1 Powerboat Danau Toba 2024, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Donny Aditra

Toba (ANTARA) -
Penanggung jawab sementara (Pjs) Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Yudhistira Setiawan mengatakan para pembalap F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan dibawa keliling kawasan wisata (tour area) untuk melihat keindahan danau vulkanik terbesar di dunia tersebut.
 
Yudhistira mengatakan para pembalap sebelumnya dibawa ke Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, guna melihat keindahan destinasi wisata andalan tersebut.
 
"Kami sudah bawa ke Pantai Bulbul kemarin. Nanti kami akan melihat lagi untuk tujuan destinasinya karena terkait kondisi para pembalap setelah balapan selesai pada 3 Maret," kata Yudhistira dalam konferensi pers untuk persiapan akhir penyelenggaraan di Kantor Bupati Toba, Jumat.
 
Ia mengatakan, tour area itu sebagai upaya mempromosikan Danau Toba ke dunia internasional sehingga tidak hanya penyelenggaraan balapan otomotif saja, tetapi juga berdampak dengan perekonomian masyarakat sekitar.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan, penyelenggaraan powerboat tahun lalu dinilai terbaik di dunia karena melibatkan semua pihak seperti masyarakat khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah, pemerintah, dan swasta, sehingga koordinasi berjalan baik.
 
"Sejak penyelenggaraan tahun lalu dan sekarang, kami selalu mengusung tema pesta rakyat. Side event UMKM ada, kultur budaya lokal, artis nasional untuk hiburan juga dilakukan di luar balapan," ujar Yudhistira.
 
Sementara itu, persiapan lomba perahu motor super cepat atau F1 Powerboat Danau Toba sudah siap 100 persen. Ia menambahkan, waktu balapan powerboat sedikit berbeda dibandingkan tahun lalu, yaitu akan dilakukan pada pagi hari. Sedangkan untuk side event yaitu Kejuaraan Nasional Aquabike Danau Toba atau jet ski akan digelar pada siang hari.
 
Pada 2-3 Maret, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba.

Baca juga: Warga mendukung penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024
Baca juga: Lake Toba F1 Powerboat race to coincide with AIC


Penyelenggaraan powerboat nanti juga spesial karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984. Selain itu, F1 Powerboat Danau Toba tahun ini akan diikuti 18 pembalap dari sembilan tim dan berasal dari 10 negara.
 
Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu.