PLATINI DUKUNG PENGGEMAR MILIKI SAHAM DI KLUB

id


Brussels (ANTARA) - Presiden UEFA Michel Platini hari Senin mendukung rencana untuk mengizinkan para penggemar membeli saham di tim mereka, karena hanya para pendukung yang mempunyai "identitas" asli di klub-klub.

Dukungan badan sepak bola Eropa itu akan dapat menopang rencana Partai Buruh yang berkuasa di Inggris untuk memberikan suara lebih besar kepada para penggemar sepak bola tentang bagaimana klub mereka dikelola.

Menurut rencana yang tertuang dalam manifesto Partai Buruh itu, para penggemar sepak bola dapat memiliki sampai 25 persen saham di suatu klub untuk meredakan keprihatinan atas tingkat utang klub-klub Liga utama inggris dan kepemilikan asing, kata laporan surat kabar Guardian.

"Secara pribadi, saya kira ini merupakan suatu gagasan yang hebat ... bahwa para pendukung mananamkan modal di suatu klub, karena mereka pada akhirnya yang mempertahankan identitas klub," kata Platini pada konfrnsi pers di Brussels.

"Merka (para pendukung) selalu ada. Mereka selalu menyaksikan pertandingan," tambahnya.

Platini mengatakan keputusan atas siapa yang dapat membeli suatu klub dan bagaimna mestinya yang diperbuat pemerintah nasional, ia menyukai sistem Spanyol, dimana, sebagai contoh, Barcelona dan Real Madrid dimiliki oleh kelompok-kelompok pendukung yang bernama "Socios".

"Ada klub-klub yang kini presidennya bukan warga negara dari negara itu, pelatihnya bukan warga negara dari negara itu, dan para pemainnya bukan warga negara dari negara itu. Satu-satunya yang mempunyai semacam identitas adalah para pendukung," katanya.(*)