London (ANTARA) - Skuad Jerman di Piala Dunia (PD) 2010 diterjang isu homoseksual. Isu tersebut muncul terkait dengan komentar yang dilontarkan oleh Michael Becker seorang agen pemain tim Jerman.

Harian Telegraph mewartakan dalam wawancara dengan Alexander Osang dari majalah Jerman Der Spiegel dua bulan sebelum PD di mulai, Becker mengungkapkan pemain mana yang menyukai sesama jenis dan memberi petunjuk siapa yang setengah gay.

Becker merupakan agen dari Michael Ballack, gelandang Jerman yang tidak ikut PD karena cedera. Becker kemudian mengetahui sekelompok pemain dan manajer bahwa ada mantan pemain nasional yang akan mengungkap sekumpulan gay di tim nasional (timnas).

Osang mengatakan homoseksualitas adalah sinonim dari sesuatu yang tidak dimengerti Becker.

Becker sejak saat itu mengatakan bahwa dia salah paham dan wawancara itu itu tanpa ijin tertulis untuk memeriksa kembali kutipannya sebelum dipublikasikan. Tetapi Becker tidak membenarkan maupun menolak ia telah mengeluarkan pernyataann itu

Osang mengatakan Becker mengatakan kepada dia "cerita: yang tidak bisa di percaya yang ada dalam notebook saya dan Becker tidak kelihatan keberatan dengan yang saya lakukan."

Bulan Maret lalu mantan manajer klub Schalke Rudi Assauer mengatakan tidak ada tempat bagi pemain gay dalam dunia sepak bola.

"Mungkin mereka tidak masalah dalam olahraga lain tetapi tidak dalam sepak bola. Bila ada pemain yang datang kepada saya dan mengatakan dia gay saya akan mengatakan kepadanya: 'Anda sudah menunjukkan keberanian. Tetapi, kemudian saya akan mengatakan kepada dia untuk melakukan hal lain," kata Assauer.

Assauer menambahkan mereka yang mengaku dirinya gay akan mendapat ejekan dari teman-temannya dan orang-orang. Assauer sendiri mengaku belum pernah bertemu dengan pemain gay selama dia berkarir di dunia sepak bola.

Guardian mewartakan seorang juru bicara Bayern Leverkusen mengatakan dia terkejut dengan pernyataan Becker.

"Di Bayern Leverkusen kami sama sekali tidak benci terhadap homoseksualitas," kata sang juru bicara dalam pernyataan.

Federasi Sepak Bola Jerman, menolak berkomentar, sementara Low mengatakan dia tidak akan bekomentar.

Sejauh ini belum pernah ada pemain sepak bola top Jerman yang secara terang-terangan mengaku dirinya gay.

Erfurt Marcus Urban mengaku gay setelah karirnya berakhir. Namun dia tidak pernah bermain di timnas Jerman. (*)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024