Mataram (Antara NTB) - DPD Partai Demokrat Nusa Tenggara Barat membantah telah menetapkan sejumlah bakal calon kepala daerah di tujuh kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada serentak Desember 2015.

"Belum ada DPD ataupun DPP Demokrat menetapkan bakal calon yang akan diusung di pilkada tujuh kabupaten/kota di NTB," kata Wakil Ketua DPD Partai Demokrat NTB TGH Mahaly Fikri di Mataram, Selasa.

Penegasan ini disampaikannya menyusul sejumlah pernyataan bakal calon yang telah mengklaim bahwa dirinya telah mendapat restu dan dukungan dari Ketua DPD Partai Demokrat NTB TGH M Zainul Majdi yang juga merupakan Gubernur NTB saat ini untuk menjadi calon kepala daerah di pilkada 2015.

Menurut dia, secara aturan, dalam menentukan bakal calon kepala daerah yang akan diusung di pilkada, Partai Demokrat telah memberikan kewenangan kepada tim tujuh. Tim ini ditugaskan melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah yang nantinya akan diusung dalam pilkada dengan tetap mengacu kepada hasil survei elektabilitas para kandidat.

"Sampai hari ini saya katakan belum ada yang mendapat restu dan dukungan dari Ketua DPD Demokrat TGH M Zainul Majdi sebagai calon kepala daerah di tujuh kabupaten/kota," kata Mahaly.

Meski belum menetapkan satu pun nama yang akan diusung, Mahaly menegaskan, DPD Partai Demokrat memberikan kesempatan kepada tujuh DPC yang daerahnya akan melaksanakan pilkada untuk membuka penjaringan calon, pendaftaran dan komunikasi politik baik dengan bakal calon maupun partai politik lain.

"Kalau pun ada proses penjaringan, pendaftaran sampai komunikasi politik dengan bakal calon, itu sah-sah saja dilakukan, karena memang ada target khusus yang ingin disampaikan partai kepada para bakal calon jika ingin menggunakan Demokrat di pilkada nanti," jelasnya.

Untuk itu, Wakil Ketua DPRD NTB ini, menolak jika Partai Demokrat dikatakan telah menetapkan serta menyetujui sejumlah nama bakal calon kepala daerah seperti Musyafirin dan Mala Rahman yang nantinya diusung sebagai calon Bupati Sumbawa Barat di pilkada Desember 2015.

"Kami belum menetapkan Musyafirin atau pun Mala Rahman sebagai calon bupati dari Demokrat," ujarnya.

Hal yang sama juga untuk calon kepala daerah di enam kabupaten lainnya, seperti Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Bima.

"Yang jelas belum ada. Tetapi intinya Demokrat ingin ikut ambil bagian dalam tujuh pilkada kabupaten/kota di NTB," katanya. (*)

Pewarta : Nur Imansyah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024