Tangerang (ANTARA) - Sebagian warga yang mengungsi ke kantor Kecamatan dan GOR Neglasari karena dampak kebakaran TPA Rawa Kucing sudah mulai pulang kembali ke rumahnya karena asap sudah berhasil dipadamkan.

"Sebagian pengungsi yang pulang, memang sekitar rumahnya sudah aman dari asap sehingga diperbolehkan pulang. Proses pemulangan diantar petugas baik itu dari petugas kecamatan maupun Satpol PP," kata Camat Neglasari yakni Andhika Nugraha di Tangerang, Sabtu.

Data hingga Sabtu ini, pengungsi yang sudah pulang ada 130 jiwa terdiri dari 75 jiwa dari pengungsian GOR Neglasari dan 55 jiwa pengungsian Aula Kecamatan Neglasari. Kemudian yang masih bertahan di pengungsian 79 jiwa dengan rincian 31 jiwa di GOR Neglasari dan 48 di Aula Kecamatan Neglasari.

Namun, pihaknya tetap membuka pintu sebagai langkah antisipasi apabila ada hal-hal yang tidak kita inginkan. Sedangkan warga yang masih bertahan dikarenakan posisi rumah bersebelahan dengan TPA serta memiliki anak dan bayi. "Jadi harus menjaga kesehatan dan keamanan dari sisa-sisa asap yang ada," ujarnya.

Sementara itu Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang memberikan dukungan layanan Psychosocial Support Service kepada para pengungsi di aula dan GOR kecamatan Neglasari akibat bencana kebakaran TPA.

"Pelayanan pendampingan Psychosocial Support Service (PSS) kepada anak-anak dan lansia ini sebagai terapi untuk menghilangkan rasa jenuh saat di pos pengungsian dan juga untuk memulihkan psikologi para pengungsi akibat terdampak asap kebakaran," kata Pendamping PSS PMI Kota Tangerang Dias Kapita Jayanti.

Baca juga: Pemkot segera siapkan TPS alternatif akibat kebakaran di Kebon Kongok
Baca juga: DLH mengimbau warga tangani sampah secara mandiri terkait kebakaran TPA

Ia menuturkan kegiatan ini juga bertujuan agar anak sedikit demi sedikit bisa melupakan kesedihan dan mengembalikan keceriaan. Apalagi sudah enam hari tinggal di posko pengungsian sehingga ada rasa kejenuhan.

 

Pewarta : Achmad Irfan
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024