Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menyiapkan pengamanan khusus untuk gelaran tradisi Bau Nyale 2024 yang aberlangsung pada 29 Februari hingga 1 Maret secara terpusat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

"Karena kita ketahui dalam tradisi itu banyak warga yang mau menginap di lokasi makanya akan disiapkan pengamanan khusus," kata Kepala Bidang Humas Polda NTB Komisaris Besar Polisi Rio Indra Lesmana di Mataram, Selasa.

Dia mengatakan bahwa pengamanan khusus ini berkaitan dengan strategi kepolisian agar gelaran tradisi Suku Sasak tersebut berjalan dengan aman dan lancar tanpa gangguan keamanan.

Baca juga: Agenda Bau Nyale 2024 dipusatkan di Pantai Seger KEK Mandalika
Baca juga: Bau Nyale di Mandalika diputuskan digelar 29 Februari -1 Maret 2024

Untuk kepastian jumlah personel pengamanan, Rio mengatakan bahwa polda belum menentukan karena masih menunggu hasil rapat koordinasi lintas sektoral.

"Rakor nanti Pak Karo Ops Polda NTB yang hadir mewakili. Tanggal 28 Februari rapatnya di kantor gubernuran. Dari sana nanti akan ditentukan jumlah personel pengamanan," ujarnya.

Meski demikian, dia memastikan bahwa dalam gelaran tersebut bukan hanya Polres Lombok Tengah yang akan memberikan pengamanan, namun ada juga dukungan personel tambahan dari Polda NTB.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada bantuan personel dari Polda NTB. Semua kekuatan pengamanan diterjunkan, ada juga nanti dukungan pengamanan dari TNI," kata Rio.

Baca juga: Festival Bau Nyale 2024 di Mandalika bakal meriah
Baca juga: Agen perjalanan wisata dilibatkan untuk promosikan "Bau Nyale" di KEK Mandalika

Pewarta : Dhimas Budi Pratama
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024