Mataram (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat mengakomodasi usulan Pemerintah Kota Mataram agar jamaah calon haji asal Mataram musim haji 1445 Hijriah/2024, tergabung dalam dua kelompok terbang (kloter) sehingga bisa mendapatkan layanan lebih koordinatif.

"Alhamdulillah, Kanwil Kemenag NTB mengakomodasi usulan jamaah calon haji Mataram diberangkatkan dalam dua kloter," kata Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Kasmi di Mataram, Selasa.  

Pada awalnya, sebanyak 679 calon haji Kota Mataram tahun 2024, tergabung dalam empat kloter yakni satu kloter utuh dan tiga campuran.

Baca juga: Dinkes Mataram siapkan vitamin dan mineral untuk jamaah calon haji

Kemudian setelah dikoordinasikan bisa menjadi tiga kloter yakni satu kloter utuh yakni kloter satu Embarkasi Lombok dan dua kloter campuran yakni kloter 7 dan 9 Embarkasi Lombok.

"Tapi berkat usaha yang terus dilakukan pemerintah kota bahkan sampai Wali Kota Mataram turun tangan, Alhamdulillah sekarang jamaah calon haji Mataram bisa tergabung dalam dua kloter," katanya.

Dua kloter itu, kata Kasmi, terdiri atas satu kloter utuh yakni kloter satu Embarkasi Lombok dan satu kloter campuran dengan jamaah dari Kabupaten Lombok Tengah pada kloter 7 Embarkasi Lombok.

Menurutnya, sesuai jadwal yang ada sebanyak 393 jamaah yang tergabung pada kloter utuh Kota Mataram atau kloter satu Embarkasi Lombok akan masuk asrama haji pada Sabtu (11/5-2024) sekitar pukul 10.00 Wita.

Baca juga: Mataram siapkan 20 bus antar jamaah calon haji ke asrama

Setelah 24 jam berada di asrama haji untuk berbagai persiapan seperti pembagian dokumen imigrasi, gelang identitas, cek kesehatan dan manasik haji terakhir.

"Sesuai jadwal, jamaah kloter satu akan diberangkatkan pada Minggu (12/5-2024) sekitar pukul 09.45 Wita, langsung ke Bandara Madinah," katanya.

Sementara sebanyak 286 jamaah Kota Mataram kloter 7 tergabung dengan 177 jamaah Kabupaten Lombok Tengah, dijadwalkan masuk asrama pada Minggu pagi (19/5), dan diterbangkan ke Tanah Suci Madinah pada Senin (20/5-2024).

Baca juga: Pemkot Mataram berikan baju seragam gratis kepada 678 calon haji

Sementara menyinggung tentang persiapan pemberangkatan jamaah, Kasmi mengatakan, hingga saat ini semua jamaah Insya Allah sudah siap termasuk untuk dokumen.

Untuk koper jamaah, baik kloter satu dan tujuh sudah diambil. Jamaah kloter satu, harus menyerahkan koper ke Kemenag pada tanggal 9 karena tanggal 10 Mei, semua koper jamaah sudah di asrama haji.

"Jadi koper jamaah ini, harus menginap semalam di asrama haji sebelum jamaah masuk asrama haji pada 11 Mei 2024," katanya.

Baca juga: Jamaah calon haji Mataram diusulkan jadi dua kloter

Pewarta : Nirkomala
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024