Badung, Bali (ANTARA) -
Para seniman yang menjadi duta kesenian Kabupaten Badung Bali menampilkan berbagai kreativitas seni dan budaya selama pelaksanaan Pesta Kesenian Bali ke-46 tahun 2024.
 
“Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-46 ini menjadi wadah penuangan dan keikutsertaan seluruh potensi seniman di wilayah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha di Mangupura, Senin.
 
Ia menjelaskan, pada Pesta Kesenian Bali tahun ini, Pemkab Badung mengirimkan duta yang berjumlah 22 sekaa atau kelompok dari seniman dan sanggar seni di Kabupaten Badung.
 
Menurut dia, para seniman yang mewakili Kabupaten Badung itu sebelumnya telah menjalani seleksi berdasarkan usulan dan potensi yang ada. Seluruh duta yang tampil itu juga dipastikan berasal dari seluruh kecamatan di Badung.
 
“Selain para seniman, seluruh masyarakat Kabupaten Badung juga ikut merasakan semarak dari Pesta Kesenian Bali tahun ini,” katanya.
 
Gde Eka Sudarwitha menjelaskan, seniman yang mewakili Badung juga telah sukses memeriahkan pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-46 pada Sabtu (15/6) lalu.
 
Dalam pelaksanaan pawai ini, Duta Kabupaten Badung membawakan cerita gugurnya pahlawan nasional I Gusti Gurah Rai yang lengkap dengan upacara pitra yadnya yaitu ngaben.
 
“Sesuai dengan tema Jana Kerthi Paramaguna Wikrama atau harkat martabat manusia unggul, kami mengirimkan kekuatan penuh dalam pawai ini,” katanya.
 
Dalam pawai tersebut, Duta Kabupaten Badung juga mengangkat cerita kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai yang dituangkan dalam garapan pawai pembukaan bersama kumpulan seniman dan para pelajar.
 
Gde Eka Sudarwitha menambahkan, pihaknya menggunakan anggaran dalam keikutsertaan dalam PKB tahun ini sekitar Rp7 miliar lebih yang bersumber dari APBD 2024.
 
“Hal ini menunjukkan komitmen dari bapak bupati Badung, serta pimpinan daerah lainnya untuk mendukung sepenuhnya pelaksanaan PKB, sebagai bagian daripada pembagunan budaya melalui pembangunan manusia, yaitu harkat dan martabat manusia unggul, sesuai dengan tema PKB tahun ini, Jana Kerthi Paramaguna Wikrama,” kata dia.

Baca juga: Pesta Kesenian Bali Kabupaten Badung melestarikan kekayaan budaya Bali
Baca juga: Duta Kota Denpasar anggarkan Rp250 juta pawai pembukaan PKB
 
Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengungkapkan, pihaknya berterima kasih dan mengapresiasi seluruh seniman yang terlibat sebagai duta Kabupaten Badung dalam PKB tahun ini.
 
“Semoga para duta dari Badung ini bisa tampil dengan baik dan penyelenggaraan PKB ke-46 ini berjalan dengan lancar," katanya.
 
 

Pewarta : Fikri Yusuf/Rolandus Nampu
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024