Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Ratusan warga di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menerima daging kurban sapi dari Presiden Jokowi pada hari raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Daging kurban sapi ini dibagikan kepada 625 kepala keluarga (KK)," kata Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi di Praya, Selasa.

Lalu Gita saat menyerahkan sapi kurban Presiden Joko Widodo kepada panitia kurban Masjid Alifurrahman, Desa Ubung, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah.

Ia mengatakan sapi kurban ini merupakan salah satu wujud kepedulian Presiden Jokowi kepada masyarakat di NTB dalam momentum pelaksanaan hari raya Idul Adha 2204.

Baca juga: Alhamdulillah!! Presiden Jokowi sumbang sapi kurban 1,05 ton untuk warga NTB

Penyaluran hewan kurban ini dilakukan secara bergilir di seluruh kabupaten/kota di NTB setiap tahun, sehingga tahun lalu sapi kurban Presiden itu disalurkan di Lombok Barat.

"Sekarang Lombok Tengah, tahun depan belum tau kabupaten mana. Mungkin Sumbawa, Dompu atau Bima," katanya.

Ia mengatakan penentuan lokasi penyaluran hewan kurban dari presiden itu telah melalui mekanisme yang panjang. Pihak panitia sebelumnya harus membuat surat pengajuan kepada Pemprov NTB, setelah itu baru dilihat kelengkapan administrasi.

"Pemerintah melihat siapa yang layak sebagai penerima, tapi tetap dilihat harus bergiliran," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi Shalat Idul Adha di Simpanglima Semarang

Ia mengatakan sapi kurban dari Jokowi itu dibeli dari peternak lokal asal Kelurahan Dasan Geres, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

"Sapi tersebut sudah dinyatakan lulus seleksi kontes sapi kurban Kepresidenan," katanya.

Ia mengatakan hewan kurban Jokowi itu sudah mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan, termasuk pemberian vaksin untuk menjamin kesehatannya.

"Seperti dilihat kondisinya sangat sehat," katanya.*
 



Baca juga: President hands over sacrificial animal to Baiturrahman Mosque

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024