Jakarta (ANTARA) - Pembalap Prima Pramac Jorge Martin akan memimpin balapan MotoGP 2024 di Sirkuit Sachsenring, Jerman, setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi, Sabtu. Martin yang menjadi raja Sachsenring musim lalu mencatatkan waktu 1 menit 19,423 detik pada sesi kualifikasi.

"Saya merasa sangat baik. Saya merasa percaya diri. Kami lebih kuat. Jadi, saya sangat senang dengan itu. Saya tidak menyangka pole position karena lap saya tidak fantastis," kata pembalap asal Spanyol itu, dikutip dari laman resmi MotoGP, Sabtu.

Di posisi kedua dan ketiga, dua pembalap Trackhouse Miguel Oliveira dan Raul Fernandez membuat kejutan. Oliveira yang menjalani akhir pekan positif di Sachsenring selalu berada pada posisi empat besar sejak hari pertama Jumat (5/7), bahkan sempat menjadi yang pertama pada sesi Latihan bebas 2 pada hari ini sebelum kemudian terus menajamkan waktunya di kualifikasi di posisi kedua, selisih 0,048 detik dari Martin.

"Sudah terasa menyenangkan sejak kemarin saya merasa nyaman mengendarai motor dan kami dapat mengerjakan detail-detail kecil untuk meningkatkan paket dan juga pengendaraan saya. Putaran itu sungguh keren, namun menurut saya masih jauh dari sempurna," kata Oliveira.

Sementara itu, rekan setim Oliveira, Raul menempati posisi ketiga dengan selisih 0,220 detik dari Martin. Raul mengatakan bahwa ia tidak menyangka dengan raihan P3 di Sachsenring.

"Saya sangat senang di sini dan tim ini luar biasa. Saya senang untuk tim, mereka melakukan pekerjaan luar biasa selama paruh pertama tahun ini untuk menghadirkan sepeda yang sesungguhnya. Jujur saya tidak menyangka hari ini karena kemarin saya banyak masalah," jelas Raul.

Baca juga: Pembalap MX2 asal Indonesia promosikan lewat aplikasi PLN Mobile
Baca juga: Pembalap Lando Norris mendominasi dua sesi latihan di Silverston

Adapun, Francesco Bagnaia yang tanpa celah di Assen, Belanda pekan lalu akan memulai balapan di Sachsenring pada posisi keempat dan disusul pembalap Gresini Alex Marquez di posisi kelima, meninggalkan rekan setimnya yang merupakan kakanya sendiri Marc Marquez di posisi 13.

Berikut hasil kualifikasi MotoGP Jerman 2024:

1. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) 01:19.423
2. Miguel Oliveira (Trackhouse Racing)
3. Raul Fernandez (Trackhouse Racing)
4. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
5. Alex Marquez (Gresini Racing)
6. Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing)
7. Maverick Vinales (Aprilia Racing)
8. Fabio Di Giantanonio (Pertamina Enduro VR46 Racing)
9. Enea Bastianini (Ducati Lenovo)
10. Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3)
11. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing)
12. Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 Racing)
13. Marc Marquez (Gresini Racing)
14. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
15. Augusto Fernandez (Red Bull GASGAS Tech3)
16. Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing)
17. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
18. Luca Marini (Repsol Honda)
19. Johann Zarco (LCR Honda)
20. Joan Mir (Repsol Honda)
21. Stefan Bradl (HRC Test)
22. Remy Gardner (Monster Energy Yamaha).
 

 

Pewarta : Zaro Ezza Syachniar
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024