Mataram (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar pelatihan untuk para perajin batik guna meningkatkan keterampilan mereka.

"Pelatihan batik lanjutan ini dalam rangka peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM batik termasuk penenun," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lombok Utara Hj Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu di Mataram, Senin.

Kegiatan ini merupakan upaya dalam menemukan dan mengembangkan ikon batik khas Kabupaten Lombok Utara.

"Ini merupakan hal penting untuk melestarikan budaya lokal sekaligus meningkatkan daya saing produk batik di pasar lokal dan nasional," katanya.

 

Ia mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreativitas para perajin batik dan tenun supaya Lombok Utara memiliki ciri khas batik.

Kegiatan pelatihan pada Senin tersebut diikuti oleh 35 peserta yang terdiri atas perajin batik yang ada di Lombok Utara.

Diharapkan melalui pelatihan ini peserta dapat mengembangkan keterampilan dalam membuat batik serta menciptakan motif-motif yang unik dan khas.

"Sehingga batik Lombok Utara dapat dikenal lebih luas," katanya.

Ia mengatakan pelatihan ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antara para perajin, sehingga dapat mendorong inovasi dan kreativitas dalam industri batik di Lombok Utara.

"Produk batik lokal diharapkan mampu bersaing di pasar global dan memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian daerah," katanya.


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024