Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 164 peserta bersaing di disiplin ritmik untuk menjadi yang terbaik di 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024 usai resmi dibuka

bergengsi Tanah Air yang diadakan oleh Persatuan Senam Indonesia (Gymnastics Indonesia). Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu, Ketua Umum PP Persani Ita Yuliati bertekad membangkitkan kejayaan ritmik salah satunya melalui turnamen 3rd Indonesia Open 2024 untuk menjaring bibit pesenam ritmik berkualitas yang kelak dapat berprestasi, baik di kancah nasional dan internasional.
 
“Indonesia meraih medali SEA Games terakhir dari disiplin ritmik pada 2017 di Kuala Lumpur melalui penampilan Nabila Evandestiera. Tentunya saya berharap ke depan para peserta bisa menggantikan Bella dan yang lainnya. Semoga para peserta bisa melanjutkan latihannya dan mendapatkan prestasi yang membanggakan Indonesia," kata Ita Yuliati.
 
Ritmik menjadi satu di antara lima disiplin yang dipertandingkan di 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024. Di disiplin ritmik terdapat lima kategori, yaitu baby (6-8 tahun), benjamin (9-10 tahun), pra-junior (11-12 tahun), dan junior (13-15 tahun).
 
Ita sangat senang dengan antusiasme para peserta yang mengalami peningkatan dibanding edisi sebelumnya di disiplin ritmik pada 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024.
 
"Tentunya dengan peningkatan ini, saya juga berharap kita bisa melihat bakat-bakat untuk menjadi atlet nasional dan berjuang di ajang internasional," kata Ita, sapaan akrabnya.
 
Selain bertekad mengembalikan kejayaan ritmik, Ita juga menyebut ada satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Gymnastics Indonesia. Hal itu karena sampai sekarang pihaknya belum bisa memunculkan pesenam ritmik grup.
 
Padahal ritmik grup bukan merupakan hal baru di kompetisi internasional. Terlebih, khusus untuk disiplin ritmik di Olimpiade hanya mempertandingkan nomor all-around dan group saja.
 
"Karena nanti di internasional seperti SEA Games masih ada pertandingan per alat, namun di Asian Games atau Olimpiade yang dipertandingkan hanya all around dan grup. Jadi saya sangat berharap ritmik Indonesia bisa bangkit kembali dan kita bisa menelurkan atlet-atlet kebanggaan kita ke depannya," ujar Ita.

Baca juga: PB Persani kirim perwakilan ke Parkour World Cup 2024
Baca juga: Persani siapkan pemusatan latihan untuk Rifda
 
Kategori pra-junior dan junior dijadwalkan berlangsung Rabu (10/7), yang dilanjutkan dengan penyerahan medali bagi para pemenang di sore harinya.
 
Di tempat lain, 3rd Indonesia Open juga akan memulai pertandingan untuk disiplin aerobik yang akan berlangsung di GOR Bulungan pada 9-10 Juli. Menyusul disiplin trampoline di Bounce Street pada 11-12 Juli, dan ditutup dengan pertandingan disiplin parkour di Halaman Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 13-14 Juli.

 

Pewarta : Fajar Satriyo
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024