Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat mendapatkan penghargaan Nusantara CSR Awards 2024 atas keberhasilan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang mampu membangkitkan ekonomi desa dan penurunan stunting.  

Dalam keterangan resmi di Mataram, Minggu, General Manager PLN UIW NTB Sudjarwo mengatakan, penghargaan Platinum Plus tersebut diberikan oleh LA TOFI School of Social Responsibility, di Bali Room Hotel Kempinski Jakarta, pada 17 Juli 2024.

"Dua program TJSL yang mendapat penghargaan yakni, program Mangrove untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Pelestarian Lingkungan Desa, dan program Perempuan Desa Sambiq Bangkol untuk Penurunan Stunting," katanya.

Ia mengatakan program Mangrove untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Pelestarian Lingkungan Desa, dinilai telah meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program Desa Wisata.

Program tersebut telah berhasil mengantar Dusun Poton Bako, Desa Jerowaru, Lombok Timur masuk dalam 100 besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Mei 2024.

Sudjarwo menambahkan, pada program Perempuan Desa Sambiq Bangkol untuk Penurunan Stunting, telah berhasil meningkatkan 83 persen dari status gizi buruk menjadi gizi baik dan status lepas stunting sebanyak enam orang anak di Kabupaten Lombok Utara.

"Program yang dijalankan selama tiga bulan berturut-turut tersebut berupa pemberian asupan makanan rutin dan pelatihan pengolahan makanan bergizi serta sosialisasi untuk para ibu-ibu," ujarnya.
 
PLN UIW NTB, kata dia, sangat bersyukur atas apresiasi yang diperoleh dalam ajang Nusantara CSR Awards 2024. Penghargaan tersebut tentu menjadi penanda bahwa program TJSL PLN berada pada jalur yang sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs pada era sekarang telah menjadi arah program TJSL yang juga menjadi acuan negara-negara lainnya, sehingga kami juga tidak boleh tertinggal," ucapnya.

Chairman La Tofi School of Social Responsibility, La Tofi, mengatakan penghargaan Nusantara CSR Awards 2024 merupakan yang ke-15.

Ada 75 perusahaan yang mengikutinya dengan mendaftarkan 114 program yang semuanya membawakan cerita perubahan.

"Tentunya yang kami nilai adalah dampak dari cerita perubahan yang dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan Nusantara CSR Awards merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility.

Ajang tersebut ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Kriteria penilaian seluruh program yang diikutkan pada Nusantara CSR Awards dinilai berdasarkan dampak positif yang ditimbulkan, inovasi, serta mudah untuk diterapkan dan diukur," ujarnya.

Pewarta : Awaludin
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024