Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) berkolaborasi dengan beberapa pihak terkait dalam penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) dan Festival Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) tingkat kabupaten setempat.

"Hal ini agar lebih efektif dalam melakukan syiar Al Quran," kata Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri saat membuka acara STQ dan Festival Lasqi tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Kecamatan Praya Barat Daya di Lombok Tengah, Selasa.

Ia mengharapkan kolaborasi dalam kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menyaksikan STQ dan Festival Lasqi sehingga syiar agama Islam bisa lebih luas.

"Kalau ramai yang datang, syiar Islam itu bisa lebih luas," katanya.

Baca juga: Dua peserta dari NTB masuk final STQHN 2021

Selain itu, ia mengharapkan, kegiatan keagamaan ini meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Lombok Tengah dan mendukung peningkatan aktivitas ekonomi.

"Ini salah satu ikhtiar untuk peningkatan SDM generasi penerus bangsa," katanya.

Ia menyebut anak-anak Lombok Tengah memiliki kemampuan yang baik, hal itu terlihat pada MTQ 2024 dilaksanakan di Sumbawa Barat, sehingga berhasil menjadi juara umum.

"Semoga prestasi itu bisa dipertahankan dan kembali menjadi juara umum pada MTQ di Sumbawa 2025," katanya.

Oleh karena itu, Bupati Pathul berharap, para peserta mengikuti lomba ini dengan baik, sehingga ke depan bisa mewakili Lombok Tengah dalam kegiatan serupa tingkat provinsi hingga nasional.

Ia mengingatkan dewan juri melaksanakan tugas dalam kegiatan ini secara profesional sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan harapan dan peraturan yang berlaku.

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Kegiatan STQ dan Festival Lasqi 2024 juga dimeriahkan dengan pawai yang diikuti ratusan peserta, sebagai Ikhtiar dalam melaksanakan syiar Islam kepada masyarakat di Lombok Tengah.


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024