Jakarta (ANTARA) - Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Rano Karno atau akrab disapa 'Bang Doel' berjanji akan memberikan beasiswa bagi siswa kurang mampu di Jakarta demi menjamin kesejahteraan hak pendidikan mereka.
 
"Nah di sini peran Pemda, sebetulnya bisa memberikan beasiswa bagi anak-anak yang bersekolah di swasta," kata Rano usai menerima kunjungan dari Alumni SMA 3 Jakarta di Warung Garasi Si Doel Jakarta Selatan, Selasa.
 
 
Rano mengatakan banyak peserta didik kurang mampu di Jakarta berkeinginan bisa masuk ke sekolah negeri karena biayanya yang lebih murah ketimbang di sekolah swasta.
 
Namun lantaran keterbatasan kapasitas, maka dia berjanji  mendorong pemerintah untuk mulai menggratiskan biaya pendidikan di sekolah swasta bagi peserta didik yang kurang mampu.

Menurut dia, permasalahan ini menjadi poin yang akan dibereskan bila dirinya terpilih memimpin Jakarta.
 
"Mereka pasti maunya ke sekolah negeri, karena kan bisa gratis ataupun murah. Kalau swasta mahal," ujarnya.
 
Mantan Gubernur Banten ini mengungkapkan ada beberapa Pemerintah Kota yang telah menerapkan beasiswa kepada peserta didik sekolah swasta yang bisa menjadi contoh. Seperti di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

"Sudah dilakukan oleh beberapa kabupaten/ kota di sekitar itu biasa, tergantung APBD-nya gede nggak. Nah kalau di Jakarta kan lebih dari cukup gitu," jelasnya.
 
Maka dari itu, dia mengapresiasi langkah silaturahmi beberapa alumni sekolah di Jakarta yang menyoroti soal pendidikan. Mengingat DKI Jakarta mempunyai sumber tenaga pendidik yang banyak.

Baca juga: TGB dukung Rohmi sebagai cagub NTB perempuan di Hultah NWDI
Baca juga: Tiga cagub/cawagub NTB penuhi syarat maju Pilkada 2024
 
"Mau kemana sih pendidikan di Jakarta ini, makanya tadi saya coba presentasi. Jadi pendidikan di Jakarta harusnya lebih bisa maksimal, karena kan kita punya fasilitas, infrastruktur kita jauh lebih siap daripada yang lain," katanya.
 
Pasangan Pramono-Rano didukung oleh PDI Perjuangan dan Partai Hanura. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan ketiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta telah memenuhi syarat administratif untuk maju di Pilkada 2024.
 
Ketiga paslon tersebut adalah Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel), Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun).

 

Pewarta : Luthfia Miranda Putri
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024