Lombok Timur, NTB (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali memperpanjang jabatan HM Juaini Taofik sebagai Penjabat Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat sejak dilantik tanggal 23 September 2023 sampai 26 September 2024.

Perpanjangan jabatan Penjabat Bupati Lombok Timur (Lotim) HM Juaini Taofik dikuatkan dengan penyerahan SK perpanjangan, yang dilakukan oleh Kepala Biro Pemerintahan Pemprov NTB Lalu Hamdi mewakili Pj Gubernur Hassanudin bertempat di ruang kerja Penjabat Bupati, Kamis (26/9).

Kepala Biro Pemerintahan Pemprov NTB Lalu Hamdi mengatakan penyerahan SK perpanjangan Penjabat Bupati Lotim, rencana akan diserahkan oleh PJ Gubernur, tetapi karena ada tugas keluar daerah, Pj Gubernur memerintahkan dirinya untuk menyerahkan SK tersebut, karena tidak boleh ditunda.

"Karena penyerahan SK tidak boleh ditunda, PJ Gubernur memerintahkan saya untuk menyerahkan SK tersebut," ujarnya seraya mengatakan perpanjangan SK ini, berlaku setahun dan akan dilakukan evaluasi sekali tiga bulan.

Baca juga: PJ Bupati Taofik tegaskan tak maju Pilkada Lombok Timur 2024

Menurutnya perpanjangan jabatan ini, tidak lepas dari prestasi dan keberhasilan yang diraih Juaini Taofik selama menjabat sebagai Penjabat Bupati.

"Selamat melanjutkan tugas sebagai penjabat Bupati Lotim kembali, prestasi dan keberhasilan yang telah diraih selama ini, dapat ditingkatkan kembali," ucap Hamdi.

Hamdi juga menyampaikan pesan Pj Gubernur NTB, agar Pj Bupati menjaga netralitas pada pilkada saat ini, termasuk agar mendukung penyelenggara pilkada berlangsung damai dan sukses,

"Jaga netralitas, dukung penyelenggara pemilu agar pelaksanaan pilkada berjalan sebaik baiknya," katanya.

Sementara Pj Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik mengatakan tak terasa sudah setahun dirinya menjabat sebagai Pj Bupati Lotim, sebelumnya SK diserahkan dengan menggunakan baju putih, tetapi saat ini penyerahan SK secara biasa,

"Terima kasih kepada Pemprov NTB dan DPRD Lotim yang telah mengusulkan perpanjangan jabatan Pj Bupati," katanya.

Baca juga: Sekda Lombok Timur mengajak warga pasang tapal batas tanah

Ia mengatakan perpanjangan ini sesuai dengan keinginan pemberi mandat (Kemendagri), karena empat kali saat menjabat dilakukan evaluasi merefleksikan perjalanan satu tahun kepemimpinan-nya.

Menurutnya belum semua harapan masyarakat terwujud. Namun, ia menegaskan bahwa penyelenggaraan pemerintahan di Lombok Timur berjalan dengan baik dan kondusif, menjadi landasan kokoh untuk melanjutkan pembangunan daerah.

Salah satu capaian penting selama menjabat, yaitu penurunan angka stunting. Dalam kurun waktu setahun, angka stunting di Lombok Timur berhasil ditekan lebih dari 8 persen pada awal 2024.

Keberhasilan ini tidak hanya diakui di tingkat kabupaten, tetapi juga mendapat reward dan penghargaan sebagai tim percepatan terbaik di tingkat provinsi.

Desa-desa di Lombok Timur juga menunjukkan peran aktif dalam upaya penurunan stunting. Sebagai contoh, Desa Stanggor Selatan berhasil meraih predikat desa terbaik kedua di tingkat nasional.

"Alhamdulillah, Lotim juara 1 di tingkat provinsi dan desanya juara dua di tingkat nasional," ujarnya dan hal ini hasil kerja keras yang dilakukan bersama masyarakat.

Selain penurunan stunting, pengendalian inflasi menjadi capaian berikutnya yang patut diacungi jempol. Pada September 2024, Lombok Timur berhasil masuk dalam 10 besar kabupaten dengan Indeks Perkembangan Harga (IPH) terendah di Indonesia.

"Kerja sama yang solid membuat inflasi terkendali dan IPH kita menjadi salah satu yang terendah di Indonesia," ucap Pj Bupati.

Baca juga: Pemkab Lombok Timur berikan perlindungan sosial 16 ribu petani tembakau

Langkah strategis dalam pengendalian inflasi diwujudkan melalui program Silaturahmi untuk Lombok Timur Berkemajuan (SULTAN). Program ini melibatkan pemantauan harga bahan pokok setiap Jumat, memastikan stabilitas harga di pasaran dan menjaga daya beli masyarakat.

Di bidang kesehatan, Lombok Timur kini menyandang status Kabupaten Universal Health Coverage (UHC), dengan tingkat kepesertaan BPJS mencapai 99,56 persen. Capaian ini didukung oleh pendanaan dari PBI pusat, PBI pemda, serta kepesertaan pekerja formal seperti ASN dan PPPK.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia juga menjadi fokus utama. Pemerintah daerah aktif mengirimkan dokter umum untuk melanjutkan pendidikan menjadi dokter spesialis. Langkah ini diambil untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan dan menjamin akses layanan medis yang lebih baik bagi masyarakat.

Selain itu, pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) menjadi terobosan penting dalam mempermudah akses masyarakat terhadap layanan administrasi. Inisiatif ini bertujuan mendekatkan pelayanan kepada warga Lotim mempercepat proses perizinan dan layanan publik lainnya.

Capaian-capaian ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan satu tahun kepemimpinan Juaini Taofik, Namun, ia menyadari bahwa tantangan masih banyak menghadang di depan. Refleksi ini menjadi pengingat akan komitmennya untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi kemajuan dan kesejahteraan Lotim di masa mendatang.

Ia berharap masyarakat dapat terus berperan aktif dalam setiap inisiatif pemerintah, sehingga tercipta sinergi yang harmonis antara pemerintah dan rakyat. menggarisbawahi pentingnya keberlanjutan program-program yang telah berjalan.

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat dan provinsi, juga dianggap krusial dalam mewujudkan visi pembangunan Lotim. Pj Bupati, mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin dan berharap kolaborasi ini terus berlanjut.

Pewarta : Nur Imansyah
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024