Jakarta (ANTARA) -
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono akan menyiapkan Kartu Jakarta Maju (KAMU) bila terpilih di Pilkada Jakarta 2024.
 
"Tapi kartunya kebanyakan kalau masing-masing pegang sendiri. Sehingga kami mempunyai sesuai dengan kemajuan digital kartunya cukup satu, namanya kartu KAMU, KA-nya dari Jakarta MU-nya Maju,” ujar Ridwan Kamil saat menyampaikan pidato penutup Debat Cagub-cawagub Pilkada Jakarta di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, Minggu malam.
 
Dalam kartu ini minimal akan ada tujuh kelompok yang mendapatkan manfaat.
 
"Termasuk transportasi kita tambahi, tadi anak yatim dan juga pasukan rompi-rompi kita gratiskan juga, Transjakarta, Jak Lingko, sampai LRT, MRT juga dilakukan,” kata Kang Emil, Sapan Ridwan Kamil.
 
Tak hanya itu, program yang telah berjalan baik di era Gubernur Ali Sadikin hingga Anies Baswedan akan diteruskan. Termasuk, beberapa kartu-kartu seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP).
 
"Salah satu nilai yang diwariskan dari ibu saya adalah pemimpin harus adil dan jangan dendaman. Maka masa lalu yang baik kami akan pertahankan semua program yang bagus dari Pak Ali Sadikin, Pak Sutiyoso, Pak Jokowi, Pak Foke (Fauzi Bowo), Pak Ahok (Basuki T Purnama), termasuk Pak Anies akan kami pertahankan," paparnya.
 
Selain itu, RK mengatakan beberapa contoh kartu-kartu yang sudah baik tentang pendidikan tentang kesehatan, anak disabilitas dan lain-lain yang sudah ada akan dipertahankan.
 
“Kami hanya menambah dua saja hasil curhatan warga satu ada kartu pelayan rumah ibadah, yang satu lagi adalah kartu untuk anak yatim Jakarta (Kartu KAMU)," ucapnya.
 
Mantan gubernur Jawa Barat itu mengaku ada kelebihan masyarakat Jakarta memilihnya siapa gubernur Jakarta.
 
"Hubungan kami dengan Presiden terpilih akan sangat baik dan siapa yang akan diuntungkan? Yang diuntungkan warga Jakarta. Kalau hubungan baik, maka dana transfer dari pemerintah pusat akan berlipat-lipat, sehingga program Jakarta akan lebih banyak dan lebih sejahtera," paparnya.

Baca juga: Tak mungkin semua urusan Jakarta dibereskan dari Balaikota
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu.
 
Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Baca juga: Perusahaan di Jakarta wajib pekerjakan tanpa pandang fisik
 
Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”.
 
Adapun visi, misi dan program kerja yang disampaikan masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta melalui debat ini diharapkan memberi pertimbangan bagi para pemilih saat hari pemungutan suara pada 27 November 2024.
 
KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap dua dari calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober yang dilanjutkan debat ketiga pada 17 November.

 
 
 

Pewarta : Syaiful Hakim
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024