Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) melalui program Light Up The Dream (LUTD) memberikan akses listrik kepada sedikitnya 400 masyarakat yang tergolong dalam kelompok prasejahtera di wilayah Nusa Tenggara Barat.

"Hingga saat ini, lebih dari 400 masyarakat prasejahtera di NTB telah mendapatkan sambungan listrik baru secara gratis berkat donasi yang diberikan oleh pegawai PLN. Ini bentuk komitmen PLN untuk terus menghadirkan listrik bagi masyarakat," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya sangat bangga dapat berkontribusi dalam program LUTD. Melalui program ini, PLN berusaha mengurangi kesenjangan akses listrik di daerah-daerah terpencil dan prasejahtera.

Menurutnya, yang membuat program tersebut semakin istimewa adalah bahwa seluruh bantuan listrik yang disalurkan melalui LUTD merupakan hasil donasi dari pegawai PLN.

"Ini adalah bentuk nyata kepedulian kami untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Kami berharap kehadiran listrik dapat mendukung perekonomian lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: SUTT PLTMG Flores-GI Labuan Bajo berhasil energize, sistem kelistrikan NTT makin andal

Program ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) di Indonesia. Dengan adanya akses listrik, PLN berharap dapat mendukung aktivitas sehari-hari masyarakat, mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, hingga usaha ekonomi kecil.

Dengan lebih dari 400 keluarga yang telah mendapatkan akses listrik melalui program LUTD di NTB, PLN akan terus berupaya memperluas jangkauan program ini.

Rencana untuk tahun 2024 mencakup penambahan jumlah penerima manfaat yang lebih banyak, memastikan bahwa semakin banyak warga dapat menikmati manfaat dari listrik.

Dengan berbagai inisiatif ini, PLN berkomitmen untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan menciptakan energi yang lebih bersih serta terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: PLN hadirkan akses listrik bagi masyarakat prasejahtera melalui program LUTD

Warga Desa Brang Beru, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa Muhammad Alik mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran listrik di rumahnya. Sebelumnya, kondisi rumah yang gelap mengakibatkan berbagai kesulitan bagi keluarga Muhammad Alik.

"Alhamdulillah, kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada PLN tak terhingga. Kini, aktivitas di rumah tidak lagi terhambat oleh kegelapan," ujar Alik.

 

Pewarta : Dhimas Budi Pratama
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024