Mataram (ANTARA) - Polres Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan semua personel telah diwajibkan melaksanakan pengamanan rawan pagi atau pengaturan lalu lintas di depan sekolah dalam menciptakan situasi keamanan dan kenyamanan khususnya bagi siswa yang sekolahnya di pinggir jalan umun.

"Pada pagi hari, anggota Polres hingga Polsek diwajibkan untuk mengatur lalu lintas hingga seluruh siswa telah masuk ke dalam sekolah," kata Kapolres Lombok Timur AKBP Hariyanto di Lombok Timur, Minggu.

Tidak itu saja, pada jam rawan pagi juga di setiap pasar, anggota diturunkan, agar arus lalu lintas lancar tidak terjadi kemacetan.

"Setiap pagi sekolah yang berada di pinggir jalan, selalu ada anggota yang ditempatkan mengatur lalulintas," katanya.

Baca juga: Kapolda NTB sampaikan kronologis meninggalnya pelanggar lalu lintas di Lombok Timur

Ia mengatakan seluruh Polsek termasuk Polres melakukan patroli malam di wilayah masing masing, terutama wilayah yang rawan aksi kriminalitas, hal ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat terutama dari aksi kriminalitas tersebut.

"Kegiatan patroli setiap malam ini dimaksudkan untuk menekan terjadi aksi kriminalitas dimalam hari, terutama 3C (curas, curat, curanmor), termasuk mengantisipasi aksi balap liar," katanya.

Dengan demikian, menurut Kapolres, masyarakat akan merasa aman dan nyaman saat beristirahat, apalagi saat ini ada kegiatan Pilkada serentak, kondusifitas kamtibmas wilayah harus tetap kondusif.

"Masyarakat aman dan nyaman dari gangguan kamtibmas, pesta demokrasi Pilkada serentak  berlangsung aman, lancar dan sukses," katanya.

Baca juga: Pelanggar lalu lintas di Lombok Timur meninggal diduga dianiaya polisi

Kapolres mengimbau masyarakat, untuk mendukung kegiatan patroli yang dilakukan baik oleh Polsek maupun Polres, semua ini dilakukan demi terciptanya kondusifitas kamtibmas di tengah masyarakat tetap kondusif.

"Mari ciptakan kondusifitas wilayah tetap kondusif,"katanya.

Ia mengatakan ketika terjadi sesuatu kejadian di tengah masyarakat, segera laporkan ke kantor polisi terdekat.

"Setiap laporan yang masuk, segera ditindaklanjuti oleh anggota dengan cepat," katanya.

 

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024