NEC DAN LENOVO BAHAS USAHA PATUNGAN

id

Tokyo (ANTARA) - Perusahaan-perusahaan elektronik Jepang dan China terkemuka, NEC Corp dan Lenovo Group, sedang dalam tahap akhir pembicaraan untuk membentuk suatu usaha patungan di bisnis "personal computer", sebuah laporan menyebutkan, Jumat.

Suatu skenario akan terlihat Lenovo mengambil saham mayoritas dalam NEC Personal Product Ltd., sepenuhnya milik unit NEC yang membuat dan menjual PC, kata harian bisnis Nikkei.

Para pemimpin dalam pasar-pasar PC domestik masing-masing mereka bermaksud mendorong daya saing melalui skala ekonomi dengan pembangunan terpadu, produksi dan usaha memperoleh material, katanya.

Mereka juga dapat memutuskan bekerja sama di bidang lain seperti jasa dan peralatan teknologi informasi, kata Nikkei.

NEC mengontrol sekitar 18 persen dari pasar PC Jepang pada 2009, tetapi secara global perusahaan itu menjadi ke 12 dengan saham kurang dari satu persen, kata Nikkei, menurut data perusahaan intelengensi IDC.

Lenovo telah meraih 27 persen dari pasar dalam negeri-nya dan peringkat keempat di dunia dengan andil pasar sekitar delapana persen, katanya.

Dengan kerja sama, mereka berharap dapat bersaing dengan raksasa global seperti Hewlett-Packard Co dari Amerika Serikat yang memiliki peringkat atas, tambah Nikkei, demikian AFP.(*)