Gempa Bumi 5,1 getarkan Lombok

id Gempa

Gempa Bumi 5,1 getarkan Lombok

Istimewa

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 30 April hari Sabtu dini hari. 

Pusat gempa terletak pada koordinat 9,74° LS ; 116,26° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 92 kilometer arah Selatan Kota Praya, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 50 kilometer 

"Pada pukul 02.25 Wita, wilayah Lombok Tengah diguncang gempa bumi tektonik," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi di Praya, Sabtu. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust fault)
 
Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Lombok Timur, Lombok Barat, Mataram dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami," katanya. 

Hingga pukul 02.30 Wita hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Sehingga masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," katanya.