"PLANET WATER" LUNCURKAN AIR SEHAT DI MATARAM

id

     Mataram, 14/11 (ANTARA) - Planet Water sebagai organisasi nirlaba di Amerika Serikat, meluncurkan program air bersih dan sehat untuk pertama kalinya di Indonesia, yang bertempat di Mataram, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.
     Peluncuran air bersih dan sehat yang dikemas dalam program "Asia Water Life Project" itu berlangsung di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 13 Ampenan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin.
     Pelucuran program air bersih dan sehat itu ditandai dengan pengoperasian menara air Aqua Tower milik Planet Water, yang terpasang di kompleks SDN 13 Ampenan itu.
     Menara serupa juga terpasang di kompleks SDN 8 Cakranegara, SDN 9 Ampenan dan SDN 33 Ampenan, serta Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Mustafa Nahdlatul Wathan (NW) di Desa Keru, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.
     Menara air Aqua Tower itu didukung dua tabung penampung air masing-masing tabung tempat air tidak layak dikonsumsi seperti air laut, air bekas pakai dan air yang diyakini tidak higienes, dan tabung air bersih dan sehat yang telah melewati proses penjernihan.
     Menara itu juga didukung mesin pengolah air bersih dan sehat yang tidak dialiri listrik atau non-elektrik.  Komponen menara air Aqua Tower itu bernilai 20.000 dolar AS atau sekitar Rp180 juta per unit.  
     Setiap menara air itu mampu memproduksi hingga 10 ribu liter air bersi perharinya, dan mendukung penyediaan air siap diminum untuk 1.000 orang tiap harinya.
     Dalam upaya penyediaan air bersih dan sehat serta memberikan pendidikan tentang kesehatan dan kebersihan bagi masyarakat yang kurang beruntung di Indonesia dan kawasan Asia Pasifik itu, Planet Water bekerja sama dengan J P Morgan dan Sesame Worksop.
     J P Morgan merupakan usaha perbankan investasi milik J P Morgan Chase & Co. (NYSE: JPM), suatu perusahaan layanan keuangan global yang memiliki aset sebesar 2,3 triliun dolar AS, yang beroperasi di lebih dari 60 negara.
     Sementara Sesame Workshop merupakan organisasi pendidikan yang membawa perubahan besar pada pemrograman televisi untuk anak-anak melalui "Sesame Street" yang telah terkenal karena ditonton di lebih dari 150 negara.
     Pada kesempatan itu, Mark Steele selaku pendiri Planet Water, mengatakan, program air bersih dan sehat itu bertujuan memberantas kelangkaan air bagi masyarakat yang kurang beruntung melalui solusi air bersih, berkelanjutan sekaligus memberi pendidikan tentang kesehatan dan kebersihan air.
    "Kami bermitra dengan J P Morgan dan Sesame Workshop dan untuk mencapai tujuan dengan dampak yang maksimal," ujar Steele.
    Ia menginformasikan bahwa program "Asia Water Life Project" itu didukung anggaran sebesar 1 juta dolar AS atau setara dengan sekitar Rp9 miliar dari Yayasan J P Morgan Chase.
    Program itu hendak menyasar kebutuhan air bersih untuk dikonsumsi sehari-hari oleh 100 ribu orang di enam negara melalui pengoperasian menara air Aqua Tower.
    Menurut Steele, Indonesia dipilih sebagai lokasi peluncuran program "Asia Water Life Project" itu karena berdasarkan laporan, hampir 50 juta dari 230 juta penduduk Indonesia belum mengakses air bersih dan sehat, dan 70 juta diantaranya kekurangan akses terhadap fasilitas sanitasi, meskipun yang paling sederhana sekalipun.
    Kondisi itu membuka potensi penyebaran penyakit seperti diare, yang rentan menyebabkan kematian balita dan anak usia sekolah.
    NTB dipilih sebagai lokasi pertama di Indonesia dalam peluncuran "Asia Water Life Project" di Indonesia itu, juga karena berdasarkan laporan adanya kelangkaan suplai air bersih dan sehat, serta kondisi sanitasi yang minim.
    "Proyek ini akan fokus pada sekolah-sekolah di desa-desa terpencil dengan pemasangan instalasi sistem penyaringan air berbasis komunitas, pembangunan infrastruktur cuci tangan dan pelaksanaan sebuah program pendidikan untuk mengajari siswa-siswi aspek pemeliharaan kehidupan dengan air bersih dan sehat," ujar Stelee.
    Sementara itu, pejabat yang mewakili J P Morgan, mengatakan, mereka berusaha membantu mengatasi masalah kesehatan air dan sanitasi dengan menyediakan pendampingan yang dibutuhkan untuk tersedianya air bersih bagi masyarakat.
    "Melalui hubungan kami dalam 'Asia Water for Life Project' ini kami berharap dapat mempromosikan budaya penggunaan air yang bertanggung jawab," ujar Philip S Lee, anggota Komite Eksekutif J P Morgan Asia Pasifik.
    Sedangkan Sesame Workshop melalui jaringan televisi yang berfokus untuk anak, akan terus mendukung komponen pendidikan dari proyek tersebut, melalui penyusunan isi program yang menekankan kesehatan.
    Penyusunan konten ini antara lain mencakup produksi bahan-bahan multimedia yang menonjolkan keluarga Muppet Sesame Street untuk dipakai di kelas dan konten yang akan disiarkan melalui televisi di pasar lokal guna mendukung tujuan "The Asia Water for Life Project".
    "Kami bangga bermitra dengan Planet Water dan JP Morgan dalam menjawab kebutuhan yang sangat mendesak akan konservasi dan konsumsi air sehat bagi seluruh keluarga Asia," kata Presiden dan CEO Sesame Workshop H Melvin Ming. (*)