Tim Rockets perpanjang kontrak Kevin Porter

id nba,houston rockets,kevin porter jr

Tim Rockets perpanjang kontrak Kevin Porter

Pebasket Houston Rockets Kevin Porter Jr (kiri) berusaha melewati hadangan pemain San Antonio Spurs Tre Jones dalam laga pramusim NBA di Toyota Center, Texas, Amerika Serikat, Minggu (2/10/2022). (ANTARA/AFP/GETTY IMAGES/Alex Bierens de Haan)

Jakarta (ANTARA) - Houston Rockets dilaporkan mencapai kesepakatan perpanjangan kontrak untuk guard Kevin Porter Jr. dengan durasi empat tahun senilai 82,5 juta dolar AS (sekira Rp1,27 triliun).

Kendati demikian, kontrak itu hanya memiliki jaminan untuk tahun pertama saja senilai 15,86 juta dolar AS (sekira Rp244,6 miliar) disertai sejumlah klausul untuk aktivasi durasi tahun-tahun berikutnya, demikian laporan ESPN dan The Athletic, Senin.

Pebasket berusia 26 tahun itu mencapai kesepakatan bersama Rockets jelang tenggat perpanjangan kontrak untuk pemain-pemain jebolan NBA Draft 2019 yang akan jatuh pada Senin pukul 18.00 waktu setempat atau Selasa pukul 5.00 WIB.

Perpanjangan kontrak itu menjadi bentuk kepercayaan Rockets terhadap Porter yang dinilai telah bertumbuh secara signifikan sebagai salah satu kepingan penting tim. Porter merupakan pemain pilihan ke-30 Draft 2019 yang direkrut Cleveland Cavaliers sebelum hijrah ke Rockets lewat skema barter pada Januari 2021. Saat tiba, Rockets menaruh Porter untuk tim afiliasi mereka di G League, Rio Grande Valley Vipers, di mana ia berhasil menjadi pemain dengan assist dan poin terbanyak liga tersebut pada 2021.

Porter kemudian memperoleh kesempatan tampil bersama tim utama Rockets di NBA dan menorehkan rekor sebagai pemain termuda yang mencapai sekurang-kurangnya 50 poin dan 10 assist dalam satu gim ketika membukukan 50 poin dan 11 assist kala mereka mengalahkan Milwaukee Bucks 143-136 pada 29 April 2021.

Perkembangan Porter berlanjut pada musim lalu di mana secara keseluruhan ia selalu bermain dalam 61 gim Rockets lewat kontribusi rata-rata 15,6 poin, 6,2 assist, 4,4 assist, dan 1,1 steal.  Porter bahkan menutup dengan gemilang lewat torehan rata-rata 28,7 poin, 7,3 rebound, dan 7,4 assist dalam tujuh pertandingan terakhir Rockets musim lalu.

Baca juga: Tim basket Dewa United lanjutkan pelatihan terbuka
Baca juga: Tim basket Warriors perpanjang kontrak Jordan Poole


Dalam rentetan itu Porter juga sempat meraup sedikitnya 35 poin dua pertandingan beruntun dan jadi pemain termuda yang melakukannya untuk Rockets. Jebolan Universitas Southern California (USC) itu juga meningkatkan akurasi tembakan luar busurnya menjadi 37,5 persen musim lalu dari sebelumnya hanya 6,5 persen. Rockets akan mengawali musim reguler NBA 2022-23 dengan bertandang ke State Farm Arena menghadapi Atlanta Hawks pada Rabu (19/10) waktu setempat (Kamis WIB).