Chelsea ke perempat final Liga Champions

id Chelsea,Borussia Dortmund,Raheem Sterling,Kai Havertz,Liga Champions

Chelsea ke perempat final Liga Champions

Pemain Chelsea merayakan gol Kai Havertz (kiri) dalam pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions lawan Borrusia Dortmund di Stamford Bridge pada 8 Maret 2023. ANTARA/AFP/ADRIAN DENNIS

Jakarta (ANTARA) - Chelsea melaju ke perempat final setelah mengatasi Borussia Dortmund 2-0 dalam laga leg kedua 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge pada Rabu dini hari WIB.

Dua gol Chelsea di pertandingan ini masing-masing dicetak oleh Raheem Sterling dan Kai Havertz. The Blues berhasil membalikkan keadaan dengan agregat 2-1 setelah menelan kekalahan 0-1 di pertandingan leg pertama, demikian catatan laman resmi UEFA.

Chelsea langsung tancap gas sejak pertandingan dimulai dan sudah menciptakan peluang saat laga belum genap dua menit. Raheem Sterling berhadapan satu lawan satu dengan kiper Dortmund, tetapi dia tidak langsung melepaskan tendangan yang membuat peluangnya terbuang sia-sia.

Kalah agregat membuat Chelsea bermain agresif, meski Dortmund lebih banyak menguasai bola. Tim tamu hampir mencetak gol pada menit ke-17.Eksekusi tendangan Marco Reus ke arah gawang masih bisa ditepis oleh kiper Kepa Arrizabalaga.

Chelsea membalas pada menit ke-28. Kai Havertz menyambar bola liar di kotak penalti, tetapi belum membuahkan gol karena membentur tiang gawang. Chelsea sempat mencetak gol pada menit ke-38 lewat Havertz. Gol tersebut dianulir karena Sterling dalam sudah berada dalam posisi offside saat melepaskan tembakan, yang kemudian ditepis kiper sebelum disambar Havertz.

Tim tuan rumah akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-43. Ben Chilwell melepaskan umpan silang datar ke kotak penalti, Sterling gagal melepaskan tembakan di sentuhan pertama. Namun, bola masih dikontrol Sterling sebelum melepaskan tembakan keras yang menjebol gawang Alexander Meyer. 1-0 Chelsea memimpin sampai turun minum.

Selepas jeda istirahat, Chelsea memiliki kesempatan besar untuk menggandakan keunggulan mereka setelah mendapatkan hadiah penalti karena umpan silang Chilwell mengenai tangan Marius Wolf.

Havertz gagal mencetak gol setelah bola tembakannya mengenai tiang, tetapi tendangan itu diulang karena ada pemain lain yang sudah masuk ke kotak penalti sebelum bola ditendang. Penyerang Jerman tersebut kali ini mengeksekusi penalti dengan baik dan membawa Chelsea unggul 2-0 pada menit ke-53.

Dortmund mencoba untuk mengejar ketertinggalan lewat tendangan Jude Bellingham di luar kotak penalti pada menit ke-58. Sayangnya sepakannya itu masih melenceng jauh dari gawang. Kepa berhasil mengamankan gawangnya dari kebobolan pada menit ke-64 setelah dia menepis sepakan keras dari Mariu Wolf.

Baca juga: Hasil Liga Inggris: Gol Wesley Fofana bawa Chelsea menang tipis atas Leeds United
Baca juga: Prediksi Chelsea vs Leeds: jadwal, head to head dan klasemen


Chelsea sempat mencetak gol ketiga pada menit ke-75. Sterling memberikan umpan terobosan ke Conor Gallagher yang tinggal berhadapan dengan Meyer dan sukses menaklukkan kiper tersebut. Namun, gol itu dianulir karena Sterling dalam posisi offside sebelum melepaskan umpan ke Gallagher. Dortmund berusaha keras untuk menyamai agregat, tetapi tidak ada gol yang tercipta hingga pertandingan berakhir. Chelsea menang agregat 2-1.


Susunan pemain

Chelsea (3-4-3): Kepa; James, Koulibaly, Fofana, Chilwell; Kovacic (Loftus-Cheek 83'), Enzo Fernandez; Sterling (Pulisic 83'), Joao Felix (Gallagher 68'), Cucurella; Havertz.
Borussia Dortmund (4-1-4-1): Meyer; Wolf, Suele, Schlotterbeck, Guerreiro; Can, Oezcan (Gittens 64'); Brandt (Reyna 5'), Bellingham, Reus; Haller (Malen 77')