Basarnas pantau pelaksanaan siaga SAR Jatim

id Basarnas, siaga SAR, operasi SAR, SAR khusus angkutan Lebaran

Basarnas pantau pelaksanaan siaga SAR Jatim

Deputi Bina Tenaga dan Bina Potensi  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) M. Barokna Haulah dan jajaran saat meninjau kesiagaan tim SAR gabungan di Pantai Pasir Putih Karanggongso Trenggalek, Rabu (26/4/2023) (ANTARA/HO - Basarnas Pos SAR Trenggalek)

Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Deputi Bina Tenaga dan Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) M. Barokna Haulah, Rabu melakukan kunjungan kerja ke Trenggalek guna memantau langsung kesiapsiagaan personel dalam melaksanakan operasi SAR dan siaga SAR khusus angkutan Lebaran 2023.

Barkokna tiba di kantor Basarnas Pos SAR Trenggalek sekitar pukul 12.30 WIB dengan didampingi Kepala Kantor SAR Surabaya, Jatim, M. Hariyadi. Setelah melihat kelengkapan sarana-prasarana pendukung berikut regu SAR siaga, Barokna mengajak seluruh personel dan potensi SAR yang hadir untuk meninjau langsung kesiapsiagaan tim SAR di pesisir Teluk Prigi yang berjaga di pos pengamanan Pantai Pasir Putih.

Objek wisata ini menjadi fokus peninjauan karena angka kunjungan wisatawan ke kawasan ini paling tinggi dibanding daerah lain. Terutama saat libur lebaran ataupun saat Natal dan Tahun baru.

"Dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2023, tim Kantor SAR Surabaya, Pos SAR Trenggalek, Pos SAR Jember, Pos SAR Banyuwangi, dan Unit Siaga SAR Sumenep ditugaskan untuk berpatroli di tempat tempat wisata yang ramai dikunjungi saat libur lebaran," kata Hariyadi.

Baca juga: Basarnas Mataram menggelar latihan untuk kesiapsiagaan angkutan Lebaran
Baca juga: Basarnas Bali siagakan personel di titik rawan saat Lebaran


Kunjungan Barokna berlanjut menuju Posko Siaga SAR Khusus Kantor SAR Surabaya yang ada di exit tol Jombang pukul 19.00 WIB. Barokna memantau situasi Posko yang dibentuk sebagai percepatan respon Basarnas untuk penanganan bila terjadi situasi darurat selama arus mudik berlangsung. Ia mencontohkan siaga SAR Khusus Posko Jombang turut membantu penanganan mobil terbakar di Km 706 + 400 B tol Jombang Mojokerto.