Basarnas Mataram menggelar latihan untuk kesiapsiagaan angkutan Lebaran

id Basarnas,Gelar Pelatihan,Pelabuhan Lembar,Angkutan Lebaran,Basarnas Mataram gelar latihan,latihan untuk kesiapsiagaan an

Basarnas Mataram menggelar latihan untuk kesiapsiagaan angkutan Lebaran

Tim SAR gabungan melakukan simulasi penyelamatan orang tenggelam di perairan laut Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-Basarnas)

Lombok Barat (ANTARA) - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Mataram, Nusa Tenggara Barat bersama potensi SAR menggelar latihan penanganan kecelakaan kapal dalam rangka kesiapsiagaan angkutan Lebaran 2023.

Dalam keterangan resmi di Mataram, Kamis, latihan yang melibatkan personel polisi air Kepolisian Daerah NTB, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Lembar, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan Laut (KP3L) Lembar, dan unsur terkait lainnya tersebut dipusatkan di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

"Dalam simulasi ini kita menggandeng potensi SAR terkait," kata Kepala Basarnas Mataram Lalu Wahyu Efendi, di sela kunjungan lapangan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB di Posko Terpadu Pelabuhan Lembar.

Ia mengatakan dalam simulasi tersebut digambarkan ada korban jatuh dari kapal. Tim SAR gabungan kemudian melakukan pencarian dan menemukan target dalam keadaan selamat.

Korban dievakuasi menggunakan perahu karet dan dipindahkan ke kapal Rescue Boat 220 Mataram untuk pertolongan pertama. Selanjutnya diserahkan ke tim medis yang berada di Pelabuhan Lembar untuk penanganan lebih lanjut

"Jadi, tujuan kegiatan hari ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan sinergitas dengan potensi SAR, terlebih saat masa mudik lebaran," ujar Wahyu.

Selain Pelabuhan Lembar, kunjungan lapangan kesiapan pengamanan angkutan Lebaran juga dilakukan di Terminal Tipe A Mandalika, dan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), di Kabupaten Lombok Tengah.