Ruangan khusus ibu menyusui bayinya disediakan Pemkab Mukomuko

id Wakil Bupati Mukomuko ,Pemkab Mukomuko ,Ruangan khusus menyusui,Bengkulu

Ruangan khusus ibu menyusui bayinya disediakan Pemkab Mukomuko

Wakil Bupati Mukomuko Wasri memimpin rapat membahas kota layak anak, Rabu (7/6/2023) ANTARA/HO-Istimewa.

Mukomuko (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menyediakan ruangan khusus untuk ibu menyusui bayinya di kantor pemerintahan. "Seluruh kantor desa sudah ada ruangan khusus menyusui, termasuk seluruh puskesmas, RSUD, dan kantor pemerintahan," kata Wakil Bupati Mukomuko Wasri di Mukomuko, Rabu.
 
Ia mengatakan hal itu usai menggelar rapat bersama sejumlah organisasi perangkat daerah terkait dengan persiapan daerah ini menuju kota layak anak (KLA). Rapat membahas persiapan daerah ini menjadi kota layak anak dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto dan seluruh pejabat eselon II dan III di lingkungan pemerintah daerah setempat.
 
Untuk itu, katanya, seluruh kantor pemerintahan di daerah dan perusahaan harus ada ruangan khusus menyusui karena ruangan ini penting bagi daerah ini dalam melindungi anak dan perempuan.
 
Dengan adanya ruangan khusus menyusui, kata dia, ibu tidak di sembarang tempat menyusui anaknya dan membuka aurat di depan umum. Ia berharap, kepada organisasi perangkat daerah yang belum memiliki ruangan khusus tempat ibu menyusui bayi untuk menyediakan dalam beberapa hari ke depan. "Kami berharap kerja sama dengan seluruh organisasi perangkat daerah dan pihak terkait di daerah ini untuk menyediakan ruangan khusus untuk tempat bayi dan ibu menyusui," ujarnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo mengatakan instansinya sudah memiliki ruangan khusus untuk ibu menyusui bayi di kantor itu. Selain itu, katanya, seluruh puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini sudah ada ruangan khusus untuk ibu menyusui bayinya.

Baca juga: Cara meyiasati nutrisi anak bila belum mampu beli susu
Baca juga: Susu tak bisa digantikan dengan air tajin
 
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Budi Yanto mengatakan meskipun instansinya belum memiliki ruangan khusus tersebut, ada ruangan di kantor ini yang bisa digunakan ibu menyusui bayinya. Selanjutnya, instansinya akan menyediakan ruangan khusus tersebut.