Bali panen komoditas pangan buat tekan inflasi

id Pemprov Bali,Pemkab Buleleng,inflasi,komoditas pangan

Bali panen komoditas pangan buat tekan inflasi

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya saat panen komoditas pangan di lahan Pemkab Buleleng, Denpasar, Selasa (18/6/2024). ANTARA/Ho-Pemprov Bali

Denpasar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya memanen sejumlah komoditas pangan yang tumbuh memanfaatkan lahan pemerintah daerah guna menekan inflasi.
Sang Made dalam keterangan yang diterima di Denpasar, Selasa, mengaku senang karena komoditas seperti cabai, terong, dan budidaya ikan nila dilakukan di lahan Pemkab Buleleng seluas 2 hektar sehingga bisa menjaga ketersediaan bahan pangan.

“Lahan di tengah kota yang sebelumnya tidak dimanfaatkan dengan baik berubah menjadi asri dan produktif, saya kira ini upaya kita bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan, menjaga ketersediaan pangan, hingga keterjangkauan harga,” ucapnya.

Dari data Pemprov Bali, di Pulau Dewata sendiri cabai menjadi salah satu komoditas pangan yang memberi andil dalam inflasi.

“Cabai ini penting sekali, kalau harganya naik tinggi akan berpengaruh pada inflasi, rupanya jika harganya mahal dan ketersediaannya kurang masyarakat gelisah,” ujarnya.

Apalagi, sambungnya, pemerintah daerah juga ingin petani dapat tersenyum, salah satunya dengan menjaga kestabilan harga dan pemanfaatan lahan pemerintah. Pj Sang Made melihat sejauh ini inflasi di Kabupaten Buleleng sebagai lokasi panen cukup terjaga di angka 2,98 persen tahunan dan mengalami deflasi 0,33 persen bulanan pada Mei.

“Kalau di kabupaten/kota di Bali inflasi rendah dan terkendali, kita bisa lebih tenang, secara umum di Bali deflasi 0,10 dan kita yakin hingga Desember bisa terjaga inflasinya kisaran 2,5 hingga 1 persen dengan catatan month to month tidak lebih dari 0,22 persen,” ujarnya.

Orang nomor satu di Pemprov Bali itu turut menyinggung arahan Presiden Jokowi agar menaruh perhatian ke inflasi sebab akan ada perubahan iklim berupa kemarau panjang. Untuk itu ia minta agar dilakukan antisipasi jangan sampai air langsung terbuang ke laut tanpa ditampung atau dimanfaatkan untuk pengairan sawah.

“Sehingga kita bisa memenuhi target pemerintah pusat, saya yakin dengan upaya dan kerja bersama kita pasti bisa,” kata dia

Dalam panen cabai, terong, dan 150 kg ikan nila itu Pj Bupagi Buleleng Ketut Lihadnyana turut memberi informasi bahwa lahan yang digunakan di Kelurahan Banyuasri itu adalah aset Pemkab Buleleng.

Baca juga: Ambon pantau stok dan harga komoditas jelang Natal
Baca juga: Pengadaan CAS bisa rem laju inflasi


Selama 18 tahun lahan strategis tersebut terbengkalai hanya ditumbuhi semak belukar, dan kini lahan tersebut dikelola pegawai Pemkab Buleleng dan hasilnya disalurkan ke pasar seputar Kota Singaraja.

“Lokasinya sangat strategis di tengah kota, kita jadikan sebagai lahan pertanian di kota dan ditanami tanaman yang jadi bagian dari upaya kita dalam pengendalian inflasi,” kata dia.